Sering Gunakan Masker Kain? Yuk, Kita Ketahui Dulu Cara Membersihkannya

 104,347 total views,  2 views today

 

Tata cara perawatan masker kain | Kominfo

ota, Wartatasik.com – Ditengah pandemik virus Corona, alat pelindung diri seperti masker kini sulit didapatkan. Lantaran itu, banyak masyarakat menggunakan makser kain sesuai yang dianjurkan pemerintah.

Namun, kita harus tahu cara merawat masker kain, sehingga tidak salah kaprah yang malah dapat membuat makser tidak higienis.

Berdasarkan sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, bagi masyarakat yang memakai masker jenis dari kain terdapat beberapa cara dalam perawatannya.

Dikutip dari Kominfo Kota Tasikmalaya,
berikut cara perawatan masker kain yaitu cuci menggunakan air panas, pasalnya air panas sangat efektif membunuh kuman. Sebab menurut WHO, panas dengan suhu 60 – 65 derajat celcius dapat membunuh Virus Corona (Covid-19)

Setelah itu, cuci masker kain dengan detergent dengan cara direndam terlebih dahulu masker kain dengan air panas dan detergent kurang lebih 15 menit, serta kucek masker hingga kotoran luruh kemudian bilas dengan air bersih mengalir.

Lalu, keringkan masker dengan
proses pengeringan masker menggunakan panas alami (dijemur) di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering panas.

Alhasil, masker dapat digunakan kembali, dan setelah kering masker di setrika lalu disimpan di tempat bersih terlindung atau langsung digunakan.

Ingat masker kain digunakan bagi masyarakat sehat, dan disarankan pemakaian tidak lebih dari empat jam. Redaksi.

Related posts