Tanggapi Temuan Bayi Gizi Buruk, Encu : Ibunya Perokok

 4,198 total views

Encu, Sekretaris Dinas Kesehatan kota Tasikmalaya|blade

Kota, wartatasik.com – Menanggapi pemberitaan Andini bayi tiga bulan yang menderita gizi buruk asal Kp Sindang Asih Rt 001 Rw 012 Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi, ditanggapi serius Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Encu Darsiwa.

Ia mengaku sudah mendapat laporan dari Puskesmas Mangkubumi dan menyebut sudah ditangani pihak balai kesehatan setempat.

“Sudah diberikan layanan dan diintervensi, bahkan sudah di rawat di rumah sakit. Kami terus pantau melalui kunjungan tim Puskesmas dan Kelurahan, apalagi kini diperiksa dokter anak langsung ke rumahnya,” ungkapnya saat ditemui wartatasik.com diruang kerjanya, Selasa (30/07/2019).

Menurut Encu, munculnya persoalan gizi buruk karena pas lahir berat badan Andini tergolong rendah hanya 2,1kg, sebab itu ibu hamil perlu ditingkatkan pengetahuan agar banyak makanan yang bergizi. Terlebih lanjutnya, ada penyuluhan bagi ibu hamil oleh bidan kelurahan yang bertanggung jawab terhadap kesehatan msayarakat.

“Yang jadi soal itu ibunya perokok, itu berbahaya bagi kesehatan anak. Ibu hamil harus membiasakan diri dengan hidup PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat), makan bergizi, jaga pola aktivitas, pola tidur dan hindari stres,” pungkasnya. blade

Related posts