Tanjungmekar Rencanakan Wisata Kuliner, Kades: Menuju Kemandirian yang Berdaya Saing

 72,585 total views

Tanjungmekar Rencanakan Wisata Kuliner, Kades: Menuju Kemandirian yang Berdaya Saing | Wan.K

Kabupaten, Wartatasik.com – Kades Tanjungmekar Kecamatan Jamanis Kebupaten Tasikmalaya Ade Lukmanul Hakim rencanakan konsep wisata kuliner di Wilayahnya.

“Mudah mudahan rencana kami ini untuk membuat wisata kuliner bisa berjalan lancar, konsepnya pembuatan arena kuliner baik itu berbentuk food atau kuliner yang dibikin melingkar tengah,” ucap Kades, Rabu (26/01/2022).

Ade melanjutkan, lokasi wisata kuliner di Tanah Desa sekitar 170 bata dengan harapan mampu membangkitkan potensi warga Tanjungmekar menuju kemandirian sehingga bisa berdaya saing dalam bidang kuliner.

Adapun kata Kades, lokasi wisata kuliner rencananya terletak di kampung Muara Desa Tanjungmekar dengan mengusung konsep makanan olahan seperti Rangginang, Rangining, Opak, Oleh oleh dan Citruk. Ada juga karedok, tongseng dan lain lain.

“Ya, kalau fashion seperti itu tindak lanjut kedepan biasanya kalau sudah ramai, akan muncul buka lapak sendiri, biasanya seperti itu, rencana untuk kios 60 sampai 70 yang disiapkan dengan ukuran 3 x 3 meter dengan sistim sewa.

“Yang akan kami upayakan adalah bantuan pusat atau provinsi. Mudah mudahan kalau mumpuni dari Dana Desa bergening dengan usaha Bumdes,” jelas Kades.

Realisasi konsep wisata kuliner diperkirakan membutuhkan dana minimnya Rp 500 jutaan, dengan bangunan sederhana. Karena, berkaitan dengan luas area yang lumayan luas.

“Kenapa, alasan memilih wisata kuliner karena dengan melihat potensi masyarakat yang ada punya keterampilan, mereka bisa menghasilkan uang demi menciptakan kesejahteraan mereka sendiri,” ucapnya.

“Disamping dalam recovery ekonomi masyarakat untuk berjualan di luar sana. Oleh karna itu untuk konsep tersebut kami memerlukan modal yang sangat besar luar biasa,” tambah Kades.

Sebetulnya terang ia, konsep ini wacana lama dari kepala desa periode pertama, tapi anggaran belum ada, apalagi sekarang lagi masa pandemi covid 19.

“Kami berharap di tahun ini bisa jadi, mudah mudahan tidak ada kendala juga, kita dapat bantuan dari pusat atau provinsi, sakalipun dari daerah supaya bisa mewujudkan keinginan masyarakat,” harap Kades.

Diketahui, lokasi wisata kuliner dinilai sangat strategis karena merupakan pertemuan dua kecamatan antara Sukaresik dan Jamanis. Juga merupakan pertemuan dua desa yaitu Sukamenak dan Tanjungmekar. Wan.K

Related posts