Tebar Benih Ikan, Uu: Jangan Buang Sampah Sembarangan

 9,226 total views,  2 views today

Tebar Benih Ikan, Uu: Jangan Buang Sampah Sembarangan | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Penebaran benih ikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat ketahanan pangan, khususnya ketersedian ikan di sepanjang sungai Cidukuh dan Cimulu.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum saat mengunjungi Kota Tasikmalaya dalam rangka penebaran benih ikan, Selasa (12/01/2021).

Kang UU sapaan akrabnya menyatakan, bahwa Jawa Barat memiliki potensi luar biasa dalam sektor peikanan dan itu harus disyukuri serta dimanfaatkan.

“Kepada masyarakat khususnya di lingkungan sungai Cidukuh dan Cimulu diharapkan bisa menjaga kelestarian sungai, sehingga benih ikan akan di tebar dapat tumbuh berkembang biak dan menjadi pangan,” ungkap Kang Uu.

“Saya berharap, masyarakat ada kesadaran bahwa jangan buang sampah ke sungai, bahwa di sungai ada ikan yang menjaga ekosistem dan harus menjaga lingkungannya agar tetap lestari,” tambahnya.

Diungkapkan Kang Uu, dengan penebaran benih ikan, konsumsi ikan oleh masyarakat Jawa Barat akan meningkat, apalagi ikan menjadi salah satu sumber protein yang baik buat balita untuk mencerdaskan otak.

Menururnya, masyarakat pada 23 tahun mendatang yang masa kecilnya banyak makan ikan akan menjari orang hebat dan menjadi produktif. Adapun, maksud dan tujuan penebaran benih ini bisa menambahkan populasi ikan di alam yang sempat dikatakan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jabar.

“Benih ikan yang ditebar pada hari ini adalah ikan tawes 32 ribu ekor, ikan nilem 40 ribu ekor, ikan nila 5 ribu ekor. Maka total rinciannya adalah 77 ribu ekor dan merupakan bantuan dari pemerintah kota Tasikmalaya,” jelas Kang Uu.

Ditempat sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Perikanan Tedi Setiadi menambahkan, pihak pemerintah mengapresiasi kepada Pemerintah Propinsi Jawa Barat, apalagi dengan kegiatan yang dilakukan oleh Wagub Jabar ini.

“Memang benar sungai ini harus dijaga jangan sampai tercemar dan kita juga akan terus bekerjasama dengan pihak propinsi Jawa Barat. Untuk restocking, akan dilakukan, karena masih banyak yang harus kita lakukan, seperti di Situ Gede, Situ Cibeureum, Malingping dan insayalloh akan dilakukan restocking,” pungkasnya. Suslia.

Related posts