Terima DD, Kades Sukahurip Alokasikan untuk Sejumlah Kegiatan

 15,760 total views

Terima DD, Kades Sukahurip Alokasikan untuk Sejumlah Kegiatan | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Pemerintahan Desa Sukahurip Kecamatan Ciharubeuti Kabupaten Ciamis mendapat kucuran dana desa (DD) tahun 2022 sebesar Rp
988.694.000.

Kepala Desa Sukahurip Abdul Hadi mengatakan, dana tersebut disalurkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) 41%, ketahanaN pangan 20%, PPKM 8%.

“Sedangkan untuk renovasi sekolah PAUD Rp 168.000.000 dan untuk sisanya SAB (Sarana Air Bersih),” ucap kades Abdul Hadi, Selasa (10/05/2022).

Dijelaskan Kades, khusus untuk ketahanan pangan, pihaknya mengalokasikan sebesar Rp 200 juta untuk dua kegiatan diantaranya Jalan Usaha Tani Dusun Cidangiang.

“Jalan itu menyambungkan akses ke desa Sukamanah Kecamatan Sindangkasih dan kedua penggemukan kambing atau domba dipusatkan di satu kelompok. Karena metode permantasi cuman pesertanya mengambil dari setiap dusun,” jelas Kades.

Abdul Hadi mengaku bahwa untuk program pengemukan kambing tersebut baru kali ini dalam rangka perubahan mindset calon para peternak, karena secara teori metode tersebut memberikan waktu dan efisiensi dalam pemeliharaan.

“Maksud yang akan diambil dalam program ini bukan untuk membeli teknologi, tapi harus bisa atau manguasainya dan kami sudah menyiapkan satu orang ahli tersebut dari dinas terkait,” papar Kades.

Abdul Hadi berharap, dalam program ini masyarakat Desa Sukahurip yang mayoritasnya 95 persen petani dan buruh tani petani 95% tidak bisa dipisahkan dengan peternakan.

”Kami akan mencoba dalam rangka perubahan pola pikir para petani agar bisa merubah status dari buruh menjadi usaha tani. Mudah mudahan berjalannya program ini bisa sukses sesuai dengan harapan,” tandas Kades. Wan.K

Related posts