Tiga Kampung di Desa Tanjungsari Terkena Banjir, Ratusan Rumah Terendam

 62,079 total views

Tinggi banjir sekitar 50 cm bahkan sampai 1 meter | Wan.K

Kab, Wartatasik.com – Tiga Kampung wilayah Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya terkena dampak banjir lagi akibat curah hujan yang cukup deras dengan ketinggian air 50 cm sampai satu meter, sekitar pukul 04 Wib, Minggu (23/02/2020).

Danramil 1206/Pagerageung Kapten Inf Heri Sapari membenarkan jika tiga kampung di Sesa Tanjungsari tersebut terkena dampak diantaranya Kp Hegarsari, Mekarsari dan Bojongsoban akibat dari hujan yang cukup lama dengan intensitas sedang dan besar di seputaran Kecamatan Ciawi, Kadipaten, Pagerageung, Sukaresik dan Panumbangan Utara.

Dijelaskan Kapten Inf Heri, hujan tersebut sekitar tujuh jam, mulai hari Sabtu 22 Pebruari 2020 pukul 15.00 Wib sampai 21.00 Wib yang menjadi sumber datangnya air ke wilayah desa Tanjungsari yang dibawa oleh dua sungai.

“Ya, sungai Citanduy dari arah utara Kec. Pagerageung dan Kec Panumbangan dan Sungai Cikidang, Cipamali dan Cihanjuang dari arah barat dan arah selata Kec. Kadipaten,Ciawi dan Kec Sukaresik,” paparnya.

Kedua sungai itu terang Kapten Inf Heri, beradu di kampung Ciupih sehingga perjalanan air dari kedua sungai menjadi tersendat dan melambat, lalu airnya meluap dan kembali ke Desa Tanjungsari melalui tiap saluran kecil pembuangan air dari wilayah tersebut.

“Tak ada korban jiwa, namun sekitar seratus rumah terendam banjir setinggi 50 cm sampai satu meter di tiga kedusunan yaitu Kampung Mekarsari,Kampung Hegarsari dan Kampung Bojongsoban. Juga Pesawahan padi berumur empat minggu ikut terendam air seluas 52 Ha,” ujarnya.

Adapun upaya yang dilakukan Babinsa pada kesempatan pertama yaitu melaporan kejadian kepada Danramil laku mendatangi lokasi, dengan berkoordinasi dengan unsur terkait seperti kepala desa, Muspika dan BPBD.

“Kami menghimbau kepada warga agar segera meninggalkan rumah atau tempat yang terkena dampak banjir. Dan Menentukan titik berkumpul warga untuk pengungsian. Wan.K

Related posts