Uji Profesionalisme Polisi Olah TKP, Polres Tasik Gelar Lomba Sambut HUT Bhayangkara ke 75

 83,895 total views

Uji Profesionalisme Polisi Olah TKP, Polres Tasik Gelar Lomba Sambut HUT Bhayangkara ke 75 | Ist

Kabupaten, Wartatasik.com – Anggota kepolisian Polres Tasikmalaya diperlombakan dan dinilai dalam kegiatan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TP-TKP) di Gedung Pertemuan Warga (GPW), Mako Polres Tasikmalaya, Rabu (23/06/2021).

Kegiatan perlombaan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati rangkaian Hut Bhayangkara ke-75 yang diperingati Polri setiap tanggal 1 Juli.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono SIK MM CPHR mengatakan, pihaknya mengadakan Lomba olah TP-TKP. Lomba ini untuk melihat kesiapan anggota dalam tindakan pertama olah TKP.

“Nanti setelah lomba, memberikan analisa, evaluasi dan arahan. Untuk memantapkan ilmu sehingga semakin profesional dalam olah TKP,” jelas Rimsyah.

Menurutnya, dalam lomba tindakan pertama olah TKP ini, selain sebagai keahlian khusus juga kepolisian sebagai penyidik utama.

“Jadi anggota dalam melakukan olah TKP dan penyelidikan itu harus sesuai SOP, ketepatan dan kecepatan waktu,” terang dia.

Ditempat sama, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Hario Prasetyo Seno SIK MM menambahkan, kegiatan lomba olah TP-TKP ini tujuannya untuk meningkatkan profesionalisme personel Polri di lapangan.

“Jadi ketika mereka nanti di lapangan suatu saat ada kejadian mereka tahu siapa dan harus berbuat apa,” paparnya.

Kemudian, lanjut dia, untuk mengingatkan kembali dalam peningkatan profesionalisme sebagai pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kita menilai peserta atau anggota yang mengikuti lomba olah TP-TKP ini dinilai dari kesesuaian SOP. Jadi sudah ada SOP nya, dilaksanakan atau tidak,” jelasnya.

Termasuk sambung AKP Hario, kecepatan, ketelitian dan ketepatan dalam melaksanakan olah TP-TKP ini menjadi salah satu penilaian nanti.

“Peserta yang ikut lomba melibatkan anggota polisi dari perwakilan rayon-rayon. Jadi kita berikan dan sampaikan kasus yang akan mereka olah TKP-nya. Kemudian akan dievaluasi pelaksanaannya,” pungkasnya. Ndhie.

Related posts