Lahan dengan luas sekitar 1 sampai 1,5 hektar ini akan dibangun taman baru | Asron

Kota, Wartatasik.com – Memanfaatkan lahan yang ‘terbengkalai’, Pemerintahan Kota (Pemkot) Tasikmalaya merencakan akan membangun Taman Baru di lahan eks gudang mangan tepatnya depan Tugu Adipura di Padayungan.

Menurut Kepala Dinas Perwaskim Kota Tasikmalaya, Yono S. Karso saat ditemui wartatasik.com diruang kerjanya mengatakan, pihaknya baru mengusulkan ke Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jabar.

“Baru diusulkan, masih menunggu jawaban dari Pemprov. Tinggal menunggu persertujuan bapak Gubernur,” ujarnya, Senin (04/03/2019).

Kepala Dinas Perawaskim Kota Tasikmalaya, Yono S Karso | dokpri

Selain pemanfaatan lahan yang ada terang Yono, rencana pembangunan taman yang baru karena untuk mengurai kemacetan yang berpusat disatu titik keramaian di Tamkot, Masjid Agung dan Alun alun.

“Sehingga kemacetan tertumpu dititik tersebut dapat diurai. Saya berharap usulan Wali Kota ini bisa terealisasi oleh Gubernur Jawa Barat dan pastinya warga kota Tasikmalaya juga akan turut senang,” katanya.

Adapun tambahnya, jika tahun ini disetujui selanjutnya akan dibuat DED dianggaran perubahan, atau murni tahun anggaran 2020 dan fisiknya juga paling cepat tahun 2021.

“Berbicara anggaran, kita belum punya dasar, cuma kalau estimasi dana membutuhkan sekitar Rp 12,5 Miliaran. Untuk pastinya anggaran yang dibutuhkan setelah ada FS DED-nya selesai nanti,” tuturnya.

Yono menandaskan, Luas lahan eks gudang mangan tersebut cukup luas sekitar 1 sampai 1,5 hektar, “Semoga saja dapat terlaksana dengan lancar,” pungkasnya. Asron.