TPT Cisangkir Ambruk, Kabid SDA: Inilah Penyebabnya

 9,219 total views

TPT Cisangkir yang diperbaiki akibat ambruk | dokpri

Kota, Wartatasik.com – Kabar minor menerpa Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tasikmalaya, pasalnya Tembok Penahan Tebing (TPT) Irigasi Cimulu ambrol tepatnya di Kp Cisangkir Kelurahan Kota Baru Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.

Tak ayal, berita tersebut menyita perhatian publik, sebab proyek tersebut belum lama beres dikerjakan sehingga memunculkan spekulasi liar yang menyudutkan kontraktor yang mengurangi kualitas pekerjaan maupun pihak dinas yang tak becus perencanaan.

Menanggapi itu, Dinas PUPR Kota Tasikmalaya melalui Kepala Bidang Pendayagunaan Sumber Daya Air (PSDA), Yadi Kusdiman menyebut insiden ambruknya TPT Cisangkir bukan akibat dari pengurangan kualitas ataupun kesalahan perencanaan seperti yang ditudingkan pihak tertentu.

“Ambruknya TPT murni disebabkan kegagalan bangunan lama yang berada dibawah proyek kemarin dikerjakan. Jadi, ketika TPT yang ada dibawahnya ambrol, maka otomatis proyek yang baru (berada di atasnya) tidak memiliki tahanan sehingga ikut atau terbawa ambruk,” jelasnya, Senin (20/01/2020).

Diceritakan Yadi, sekitar tahun 2014, dilokasi tersebut dibangun TPT setinggi dua meter oleh pihak provinsi. Lalu atas usulan masyarakat, pada 2019 Dinas PUPR membangun TPT baru setinggi 1,2 meter guna meninggikan TPT yang sudah ada dengan tujuannya mengamankan badan jalan dari gerusan akibat daya rusak air ketika debit irigasi sedang tinggi.

“Secara visual, dilihat dari dimensi maupun kondisi fisik bangunan, TPT lama masih dalam kondisi baik sehingga diyakini masih cukup kuat. Jadi secara teknis, TPT yang dibangun oleh pihak kami sudah memenuhi syarat kestabilan, baik terhadap guling maupun kestabilan terhadap geser,” papar Yadi.

Lantaran masih dalam masa pemeliharaan, Yadi memerintahkan CV Rizky Fauzy selaku rekanan proyek yang mengerjakan TPT Cisangkir tersebut untuk melakukan perbaikan, tak hanya itu saja, Yadi juga meminta rekanan pihak ketiga tadi memperbaiki bangunan TPT lama yang jadi penyebab ambrol.

“Guna menghindari keruntuhan susulan pada bagian lain, dinas juga berencana melakukan pembongkaran dan perbaikan secara bertahap terhadap TPT yang lama,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Endang Suherman pelaksana CV Rizky Fauzy yang mengerjakan TPT 2019 mengaku siap memperbaiki TPT yang ambrol yang sudah diperintahkan dinas. Asron.

Related posts