Mahasiswa Universitas Siliwangi (Unsil) saat mengadakan kegiatan Gerakan Ukur Rutin Tekanan Untuk Hindari Hipertens (Gurah Hati) di Madrasah Al Hidayah Dusun Ciptarasa Desa Rajadatu | Blade

Kabupaten, Wartatasik.comMahasiswa Universitas Siliwangi (Unsil) bertekad menciptakan masyarakat Ciptarasa sadar hipertensi melalui kegiatan Gurah Hati (Gerakan Ukur Rutin Tekanan Untuk Hindari Hipertensi) yang dilaksanakan di Madrasah Al Hidayah Dusun Ciptarasa Desa Rajadatu Kecamatan Cineam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Rajadatu, Kepala Dusun Ciptarasa dan Perwakilan dari Puskesmas Cineam

Ketua Kelompok PBL 9 Aris Muhamad Ramdani menuturkan, Gurah Hati merupakan Kegiatan intervensi kesehatan yang dilaksanakan Oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi Kelompok 9.

Dalam Kegiatan tersebut terangnya, ada beberapa rangkaian seperti pengecekan tekanan darah, penyuluhan kesehatan dari petugas Puskesmas Cineam dan Senam Hipertensi.

“Kegiatan ini bekerja sama dengan Kader Kesehatan atau disebut Kader Anti Hipertensi Dusun Ciptarasa yang sebelumnya telah diberi pelatihan seperti Pemberian edukasi perihal Hipertensi, Penggunaan Alat Sfignometer dan Pelatihan senam anti Hipertensi,“ terangnya kepada wartatasik.com, Selasa (22/01/2019).

Dikatakan Aris, pemilihan isu hipertensi ini bukan tanpa alasan, sebab sebelumnya Kelompok 9 PBL ini telah melakukan Community Diagnosis dengan cara melaksanakan Survei Kesehatan ke setiap Rumah atau Kepala Keluarga di Dusun Ciptarasa pada bulan Juli 2018 yang menunjukan data penderita Hipertensi paling tertinggi.

“Kami berharap setelah para mahasiswa selesai menunaikan tugas PBL, kegiatan program kesehatan Hipertensi ini terus berlanjut yang akan dilaksankan dan diteruskan oleh para Kader Kesehatan Dusun Ciptarasa sehingga menciptakan masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan khususnya mencegah penyakit,“ harapnya. Blade