Sebanyak 40 Orang Ikuti Pelatihan Teknik Produksi Konveksi PIWK Cibeureum

 658 total views,  2 views today

Nampak Perwakilan LPM Kecamatan Cibeureum Masum (dua dari kanan) disela pelatihan bersama LPM dari lima kelurahan | asron

Kota, Wartatasik.com – Bertempat di aula kantor kecamatan. Sebanyak 40 orang ikuti pelatihan teknik produksi IKM konveksi TA 2018, kegiatan yang dimotori LPM dari program Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK) Cibeureum itu terselenggara berkat bantuan Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya. Kegiatan yang dibuka oleh Camat Cibeureum Maman A.Setiadi itu berlangsung selama tiga hari, yakni  Selasa, Rabu dan Kamis (18,19,20/09/2018).

Hal tersebut dikatakan Perwakilan LPM Kecamatan Cibeureum Masum disela pelatihan. Ia menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti peserta perwakilan dari lima kelurahan diambil delapan orang, “Diantaranya Kelurahan Ciherang, Setiaratu, Kotabaru, Setianagara sareng Kersanagara,” paparnya kepada Wartatasik.com, Kamis (20/06/2018)

Pada pelatihan tersebut, lanjut Ma’sum, peserta diberikan teori berikut praktek, dimulai dari membuat pola hingga menjahit langsung, “Disini kami ajarkan cara membuat mukena. Alhamdulillah, nampak antusias peserta dalam mengikuti pelatihan disetiap sesinya,” katanya.

Ia mengharapkan dengan adanya pelatihan dari pemerintah itu, para peserta bisa membuka usaha konveksi di rumahnya masing-masing, meski hanya kecil-kecilan tapi dapat membantu ekonomi keluarga, “Sehingga taraf perekonomian masyarakat Kecamatan Cibeureum dapat sedikit meningkat,” harapnya.

Peserta pelatihan tengah mengikuti praktek menjahit | asron

Pada kesempatan tersebut, pihaknya berharap kepada Dinas KUMKM Perindag agar kedepannya menyediakan balai pelatihan dan mesin, “Karena mesin yang digunakan hari ini, adalah hasil meminjam ke pihak lain, dimana ada kehilangan dan kerusakan, tentulah kami yang menanggung resikonya. Terus, dari jumlah, idealnya satu orang satu mesin. Sedangkan dalam pelatihan saat ini, jumlah mesin ada 10 buah,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Cibeureum Maman A. Setiadi mengaku menyambut baik kegiatan pelatihan teknik produksi IKM Konveksi tersebut, “Ini berkat peran serta para LPM yang benar-benar serius memberdayakan masyarakat untuk mengangkat perekonomian diwilayah ini. Kami menyampaikan terimakasih kepada Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini,” ujarnya seraya berpesan  kepada para peserta agar setelah mengikui pelatihan tersebut dapat berwirausaha membantu pendapatan rumahtangga. asron

 

Related posts