Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meluncurkan program e-fishery di Indramayu, beberapa waktu lalu.(DOK. Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat)

Regional, Wartatasik.com – Lebih dari 5000 kepala desa dan lurah akan berkumpul serta berdiskusi dengan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil beserta Bupati dalam gelaran Jambore Desa, di Desa Sidaharja, Lakbok, Kabupaten Ciamis pada 27-28 September 2019.

“Pertemuan itu untuk mengevaluasi baik gubernur dan bupati terhadap daerah maupun kepala desa mengevaluasi kinerja gubernur. Nanti kami berdialog membahas semua permasalahan,” ujar Sekretaris Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Wahyudin, dalam acara Jabar Punya Informasi di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (25/9/2019).

Lebih lanjut, ia mengatakan, di Jambore Desa pihaknya memberi kesempatan pula bagi desa berprestasi untuk membagikan pengalamannya terhadap desa lainnya.

Selain diskusi, Wahyudin menjelaskan pelaksanaan Jambore Desa akan pula diwarnai dengan festival budaya dan festival Layang Lakbok .

“Kebetulan di Lakbok itu ada festival Layang Lakbok yang merupakan kolaborasi komunitas dengan pemerintah. Biasanya layangan itu siang dan sore, ini malam hari di tengah sawah bekas panen. Sehingga jadi wisata karena layangannya besar dan bercahaya,” paparnya.

Wahyudin menambahkan, Lakbok dipilih lantaran merepresentasikan daerah perbatasan provinsi.

Di kesempatan yang sama Wahyudin mengatakan, hadirnya Jambore Desa menjadi sinyal keberpihakan Pemdaprov Jabar terhadap pembangunan wilayah pedesaan khususnya di perbatasan.

“Jadi kami berkomitmen untuk mendorong pembangunan desa melalui program Desa Juara, seperti One Vilage One Product, Jalan Mulus (Jamu), Desa Digital di desa,” kata dia. wartatasik.com | kompas