Kurun waktu tiga tahun, Pemerintahan Desa (Pemdes) Panumbangan Kecamatan Panumbangan mampu bangun 32 kios dengan mempergunakan Dana Desa (DD) | Wan K.

Ciamis, Wartatasik.com – Kurun waktu tiga tahun, Pemerintahan Desa (Pemdes) Panumbangan Kecamatan Panumbangan mampu bangun 32 kios dengan mempergunakan Dana Desa (DD).

Kini Desa yang dinahkodai Mamat Samsu ini punya Pendapatan Asli Desa (PADes) ratusan juta rupiah. Pasalnya, tiap kios dikomersilkan dengan cara disewakan.

Ditemui wartatasik.com, Kades Panumbangan Mamat Samsu mengatakan, pembangunan kios dialokasikan dari Dana Desa (DD) yang disedot tiap tahap dalam satu tahun.

Ia pun mengaku, menyisihkan anggaran untuk kios mulai tahun 2017-2019.

Kades Panumbangan Mamat Samsu | Wan K.

“Tiap satu tahun sekali kami alokasikan. Sehingga sampai saat ini tahun 2019 besar anggaran yang di terapkan mencapai Rp 700 juta,” ungkapnya, Kamis (04/07/2019).

Lanjut Mamat, tujuan menyediakan kios untuk menjaga kedepannya jika tidak ada lagi bantuan DD, otomatis Desa Panumbangan akan bisa mandiri.

Adapun terang ia, kios yang disewakan bervariatif, mulai dari Rp 4.5 juta/tahun ukuran 9 m² sampai Rp juta/tahun ukuran 12 m².

“Alhamdulillah PADes tahun 2018 kemarin sekitar Rp 190 juta dari pasar dengan kios,” tuturnya.

Kios tersebut tambah Mamat, dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Panumbangan dengan harapan bisa terus berkembang.

“Semoga Bumdes dapat mandiri dengan mengelola kios, demi perkembangan ekonomi bersama,” pungkasnya. Wan K.

BAGIKAN