Yeni Tak Rugi Bayar Iuran Demi Kelancaran Program JKN-KIS

 2,061 total views

Yeni berharap seluruh peserta JKN-KIS dari semua segmen harus bergotong-royong dan menanamkan rasa saling tolong-menolong satu sama lain dengan membayar iuran rutin setiap bulan dengan ikhlas | ist

Tasikmalaya, Wartatasik.com  –  Menjadi Peserta Program JKN-KIS merupakan suatu kewajiban bagi seluruh penduduk Indonesia, karena program ini merupakan salah satu bentuk hadirnya Negara untuk kesejahteraan sosial masyarakat. Kewajiban ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial.

Yeni Rohayani (52), seorang peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) yang didaftarkan oleh perusahaan yang bergerak di sektor developer mengaku tidak pernah merasa rugi atau tidak ikhlas dengan dipotongnya upah untuk iuran JKN-KIS walaupun jarang digunakan, karena iuran yang dibayarkan tersebut merupakan bentuk rasa syukur dari kesehatan Yeni selama ini.

“Seluruh masyaratak harus berperan aktif sebagai peserta JKN-KIS, yaitu dengan membayar iuran rutin tepat waktu meskipun kita jarang atau mungkin tidak pernah menggunakan manfaatnya. Karena dengan merasa ikhlas membayar rutin iuran JKN-KIS ini adalah suatu bentuk dukungan yang diberikan untuk Negara agar Program ini terus berjalan,” kata Yeni, Minggu (30/08).

Keberlangsungan Program JKN-KIS ini adalah bentuk hadir dan perhatiannya Negara terhadap pembangunan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pemerintah berusaha penuh agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam menjalankan program ini, karena hal ini adalah sebagai bagian gotong-royong yang bertujuan agar seluruh penduduk Indonesia mendapatkan jaminan kesehatan.

“Alhamdulillah sampai saat ini saya tidak pernah menggunakan kartu JKN-KIS ini untuk rawat inap, walaupun demikian program ini betul-betul dibutuhkan bagi semua orang sebagai penjamin kesehatan. Dengan adanya ini, semua orang tidak perlu lagi merasa takut akan biaya pengobatan, karena semua telah ditanggung oleh pemerintah. Agar tidak membebani pemerintah dan agar program ini terus berjalan, kita harus rutin membayar iuran JKN-KIS dengan ikhlas,” ujar Yeni.

Yeni berharap seluruh peserta JKN-KIS dari semua segmen harus bergotong-royong dan menanamkan rasa saling tolong-menolong satu sama lain dengan membayar iuran rutin setiap bulan dengan ikhlas yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain yang sedang membutuhkan biaya pengobatan. Seluruh lapisan masyarakat harus berpartispasi agar program JKN-KIS ini bisa terus berjalan dengan lancar dan terus memberikan manfaat yang besar bagi seluruh peserta JKN-KIS. Jamkesnews | Redaksi

Related posts