Kolaborasi dengan Remaja Masjid, Kelompok 62 KKNT UPNVJT Gelar Festival Ramadan untuk Masyarakat Medokan Semampir di Masjid Al-Ittihad

 88,059 total views

Pelayanan kesehatan gratis untuk masyrakat di Kelurahan Medokan Semampir | dokpri

Surabaya, Wartatasik.com Sebagai salah satu bentuk pelayanan terhadap masyarakat di Kelurahan Medokan Semampir, kelompok 62 KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur bersama remaja masjid Al-Ittihad menggelar festival Ramadan yang dilaksanakan pada Minggu, 17 April 2022 dan 24 April 2022. Festival Ramadan ini digelar di halaman Masjid Al-Ittihad yang berlokasi di Kelurahan Medokan Semampir.

Festival Ramadan pertama dilaksanakan pada Minggu (17/04/2022) dengan mengangkat tema Bazaar Barokah Bahagia. Tujuan utama bazaar ini adalah melayani masyarakat di Kelurahan Medokan Semampir serta menyampaikan pesan bahwa masjid merupakan tempat yang ramah dan dapat berkontribusi bagi umat.

Acara berlangsung selama 3 jam, mulai pukul 08:00 WIB hingga 11:00 WIB dan dihadiri oleh 250 warga dari seluruh RW di Kelurahan Medokan Semampir.

Pelayanan yang diberikan untuk masyarakat mulai dari sembako murah, baju murah layak pakai dengan kisaran harga Rp 1.000,00 hingga Rp 5.000,00, dan layanan kesehatan gratis.

“Bazaar Barokah Bahagia ini dapat digunakan sebagai sarana dakwah dan amal. Lalu untuk kelompok KKN dari UPN Veteran Jawa Timur dan remaja Masjid Al-Ittihad diharapkan dapat melayani dengan salam, senyum, dan sapa. Pesan utama yang ingin disampaikan pada masyarakat bahwa masjid adalah tempat yang ramah bagi para jama’ah dan dapat memberikan pelayanan maksimal.” ujar Suparman, ketua takmir Masjid Al-Ittihad.

Festival Ramadan yang diselenggarakan oleh Kelompok 62 KKNT UPN Veteran Jawa Timur dan Remaja Masjid Al-Ittihad | dokpri

Lalu untuk acara kedua dilaksanakan pada Minggu (24/04/2022) dengan menggelar lomba adzan dan mewarnai bagi anak-anak di Kelurahan Medokan Semampir.

Para peserta lomba adalah anak-anak TK dan SD dari Kelurahan Medokan Semampir. Setiap peserta yang hadir dalam lomba adzan dan mewarnai mendapatkan hadiah serta ada hadiah tambahan jika meraih juara 1,2, dan 3.

Tujuan utama penyelenggaraan lomba ini adalah memperkenalkan keramahan masjid sejak usia dini sehingga diharapkan memunculkan rasa cinta terhadap masjid hingga dewasa nanti. Setelah festival ramadan, kegiatan akan dilanjutkan ke pelatihan seputar desa wisata bagi warga di Kelurahan Medokan Semampir. **

DPL : Rosiana Febrianita

Penulis : Nova Aditya Pradana

Tim KKN : Alqi Zulfikar Rahmadhani, Cindy Sekar Nirwana, Dewa Prayoga, Fa’ulul Denisya, Fadia Dwi Nurdianty, Fairuz Salsabilla Khusnannisa, Gilang Ilham Pratama, Nofah Yunita Amelia, Thalitha Nesya Devina

Related posts