Berbasis Kearifan Lokal, Ratusan KPM Program PKH Desa Padamulya Ikuti Pemberdayaan

Ratusan KPM Program PKH Desa Padamulya Ikuti Kegiatan Pemberdayaan Berbasis Kearifan Lokal | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Sebanyak 465 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) program PKH di wilayah Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Pemberdayaan.

Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan(PKH) Desa Padamulya

Yosep Mardiana,  S.Hum, M.Pd  mengatakan, pemberdayaan KPM PKH Berbasis Kearifan Lokal merupakan program yang dibuat untuk mengangkat potensi lokal atau daerah.

Program ini juga terangnya, termasuk individu para KPM supaya lebih berdaya dan sejahtera sesuai dengan kearifan lokal (local wisdom) budaya masyarakat yang ada di darah tersebut.

“Adanya pemberdayaan tersebut diharapkan bisa mengoptimalkan bisnis proses PKH di Desa Padamulya khususna dan umumnya skala nasional,” ujarnya di Aula Gor Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuiti, Kamis (12/12/2019).

Ditutukan Yosep, pemberdayaan ini untuk mengangkat potensi diri atau wilayah KPM PKH dan mensinergikan program PKH dengan berbagai steakholder yang ada baik itu tingkat desa, kecamatan, kabupaten,  provinsi dan nasional.

Selain itu, juga dalam upaya menstimulasi masyarakat supaya dapat  berdaya dalam berbagai aspek kehidupan sehingga mereka menjadi masyarakat sejahtera dan mandiri.

“Pemberdayaan ini diikuti oleh 465 orang peserta PKH yang ada di Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

Sementara itu, Indra Maulana Koordinator PKH Kabupaten Ciamis Wilayah Barat sekaligus sebagai pelaksana program di PPKH Kabupaten Ciamis, berharap kegiatan pemberdayaan ini kedepan tentu ingin menjadikan pelaku KPM melakukan kegiatan kegian  yang lebih produktif .

“Artinya melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi yang bernilai, karena pemberdayaan ekonomi itu bisa mendukung mendorong ketahanan keluarga pungkasnya.

Adapun rencana kerja PKH Desa Padamulya diantaranya Bisnis Proses PKH (Validasi, Verifikasi, Pemutakhiran,  Penyaluran Bantuan, Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) dan Program Pembiasaan (Pertanian, Kebersihan dan Keagamaan).

Sedangkan untuk Program unggulanya yaitu Pembentukan Kelompok  Bersama (Kube) yang meliputi aspek pertanian,  perkebunan, perikanan, jasa,  perdagangan, konveksi, kerajinan,  olahan makanan dan keterampilan, Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong) PKH  Koperasi PKH,  Workshop/ Pelatihan dan lain lain. Wan.K

Berita Terkait