Antisipasi Penyebaran, Kadinkes: Wali Kota Telah Mengeluarkan Edaran Agar Puskesmas dan Rumah Sakit Waspada Virus Corona

 9,298 total views,  2 views today

Virus Corona dari dari Tiongkok | Net

Kota, Wartatasik.com – Wabah virus corona dari Tiongkok sudah semakin menyebar, bahkan di Jawa Barat tepatnya di Kota Bandung pun tersiar kabar ada satu orang suspek atau terduga terjangkit virus mematikan ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Uus Supangat mengatakan, di Indonesia belum ada kasus yang terkena virus Corona, meskipun tersebar berita di luar bahwa RS Hasan Sadiki Bandung sudah ada yang terjangkit suspek virus corona, tetapi masih dalam tahap pengaesan tenaga ahli.

“Masih di evaluasi karena harus dipastikan dan harus memastikan tidak hanya tanda tanda klinik tapi biakan virusnya,” ungkapnya.

Upaya Dinkes sendiri sejak kemarin berkoordinasi dengan kementerian dan intruksinya diikuti yaitu memantau terus perkembangan khususnya Kota Tasikmalaya.

Selain itu, Kadinkes pun berkoordinasi dengan rumah sakit untuk mempersiapakan ruang isolasi apabila ada yang terjangkit suspek dari virus corona.

Kadinkes Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat | Asron

“Ya, waalaupun RS dr Soekardjo adalah rujukan untuk masalah virus ini, tetapi butuh ruangan khusus ruangan isolasi untuk menghambat perkembangbiakannya,” ujar Kadinkes.

Ia melanjutkan, Dinkes Kota Tasikmalaya atas intruksi Wali Kota mengeluarkan edaran terhadap seluruh puskesmas di Kota Tasikmalaya termasuk rumah sakit untuk mewaspadai suspek berkenaan dengan virus corona.

Adapun teranganya, tenaga medis di RSUD Soekardjo sudah siap dan protatnya masih menggunakan mes corona virus dengan antisipasi pemantauan pengawasaan apabila ada warga baru datang dari luar negeri, khususnya datang dari negeri yang ada wabah virus ini.

“Walaupun tak sakit, nanti akan di data dan di catat perkembangannya dan di puskesmas mengharapkan ada penguatan untuk Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS). Mudah mudahan dengan mengkonsumsi vitamin c juga bisa terhindar dari semacam virus corona,” paparnya.

Kadinkes berpesan, masyarakat agar menjaga kesehatan sebaik mungkin dengan olahraga dan istrahat yang cukup, terutama minum air karena virus corona ini menyerang saluran nafas yaitu 10 menit setelah infeksi itu adalah tenggorokan, maka harus banyak minum.

“Jangan lupa cuci tangan dan pilih pilih makanan yang sehat bersih dan higenis,” tandasnya. Suslia

Related posts