Apel Kesiapsiagaan Bencana, Wabup Tasik Singgung Gelombang 3 Covid-19

 50,195 total views

Apel Kesiapsiagaan Bencana, Wabup Tasik Singgung Gelombang 3 Covid-19 | Ist

Kabupaten, Wartatasik.com – Wakil Bupati Tasikmalaya H. Cecep Nurul Yakin pimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana tingkat Kab. Tasikmalaya di Halaman Setda Kab. Tasikmalaya, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan yang mengangkat tema “Bersama Membangun Ketangguhan Daerah Menghadapi Ancaman Risiko Bencana Hidrometeorologi dan Pandemi Covid-19” ini dihadiri Forkopimda Kab.Tasikmalaya, Sekda Kab. Tasikmalaya, Kepala SKPD, para camat organisasi Masyarakat serta kelompok pegiat penanggulangan bencana.

Dalam sambutan Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto yang dibacakan Wabup H. Cecep Nurul Yakin menyampaikan, Kabupaten Tasikmalaya memiliki tingkat kerawanan terjadinya bencana yang cukup tinggi. Untuk itu kampanye upaya-upaya mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana harus ditingkatkan.

“Kab. Tasikmalaya dalam bulan November tahun ini tercatat 305 kejadian bencana, 236 diantaranya merupakan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, gempa bumi dan lain sebagainya. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan curah hujan 20-70%, puncak cuaca ekstrem akan terjadi pada Januari dan Februari,” tuturnya.

Bupati menyampaikan, hal- hal yang harus dilakukan BPBD dalam penanganan bencana identifikasi ancaman bahaya hidrometeorologi yang ada yaitu melaksanakan rapat koordinasi kesiapsiagaan untuk pembagian peran dan sumber daya, menyiapkan rencana kontinjensi dan laksanakan gladi, serta menyoalisasikan upaya mitigasi kepada masyarakat.

Terkait gelombang 3 pandemi covid 19 yang dikhawatirkan masuk ke Kab. Tasikmalaya, Bupati mengharapkan seluruh stakeholder untuk dapat membantu optimalisasi penetrasi vaksinasi covid-19.

“Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan menguatkan kesatuan serta semangat gotong royong menghadapi bencana dalam menyongsong Tasikmalaya tangguh dan tumbuh,” pungkasnya. Ndhie.

Related posts