Bahas RPJMD di tengah Pendemi, Ketua Pansus Sebut akan Jadi Pedoman bagi OPD

 6,786 total views,  4 views today

Ekspos RPJMD Pemkot Tasikmalaya dan Pansus DPRD | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Pemerintahan Kota Tasikmalaya bersama Panitia Khusus (Pansus) gelar ekspos rencana pembangunan jangan menengah daerah (RPJMD) di ruang paripurna DPRD Kota Tasikmalaya.

Ketua Pansus Dede SIP mengatakan, dasar perubahan RPJMD ini adalah bencana Covid 19, sehingga menjadi penting untuk melihat seperti apa nantinya upaya penanganan dampak pandemi di Kota Tasikmalaya.

“Baik dari sektor ekonomi, kesehatan, pendididkan dan yang lainnya, ini adalah ekspos urgensi perubahan raperda yang di sampaiakan langsung Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya kepda pansus,” ucap Dede, Selasa (16/06/2020).

RPJMD ini juga kata Dede, berlaku semenjak kepemimpinan wali kota Tasikmalaya yang tersisisa sekitar dua tahun lagi yaitu masa periode 2021-2022 dan nantinya akan di bahas lagi dalam waktu beberapa hari ke depan.

“Raperda ini sangat penting dan strategis yang akan menjadi pedoman bagi OPD dan perangkat lainnya yang terkait,”tutur Dede.

Adapun yang yang di sampaikan oleh Sekda diantaranya adalah tentang proyeksi pendapatan dan belanja anggaran, kebijakan daerah, isu strategis, target proyeksi karena persoalan tantangan di Kota Tasikmalaya masih sangat banyak.

“Capaian indikator makro seperti indek pembangunan manusia, indek kesehatan, indek inflasi, indek tingkat kemiskinan, indeks daya beli, indek pendidikan dan lainnya,” ungkap Dede.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan menyebut, bahwa indikator makro harus di sesuaikan dalam mengahadapi kondisi pandemi Covid 19.

Dati berbagai aspek pun lanjut Ivan, harus semua dikoreksi, karena pertumbuhan ekonomi menurun, kemiskinan meningkat dan itu juga yang dijadikan dasar dan perubahan.

“Juga munculnya Permendagri no 90, adanya perubahan dalam program dan kegiatan yang nantinya akan di laksanakan oleh SKPD, sehingga harus singkron dengan situasi,” ucapnya.

Secara umum Ivan mengaku sudah dipaparkan tentang apa saja yang menjadi inti perubahanan dan kira kira pembahasahan subtansi DPRD apa saja yang diharapkan berjalan lancar.

“Karena ini sudah di tunggu, setelah RPJMD berubah akan segera dilakukan penyampaiannya,” pungkas Ivan. Suslia

Related posts