Belajar Mengenali Diri Sendiri dengan ‘Thruth or Dare Board’

 53,175 total views

Foto bersama kelas 5A | dokpri

Gresik, Wartatasik.com – Pengabdian Masyarakat KKN-T 40 UTM dalam Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Perkalian pada Siswa UPT SD Negeri 149 Gresik.

Setiap manusia memiliki sebuah potensi dan keunggulan yang tiap individunya berbeda-beda. Tak jarang pula ketika beranjak anak-anak hingga dewasa, banyak individu yang tidak tau potensi apa yang dimilikinya. Hal tersebut menimbulkan permasalahan di masa depan yang dimana individu sudah mulai menentukan jalan hidupnya.

Melalui pengabdian masyarakat di Desa Driyorejo, mahasiswa/i KKN-Tematik Kelompok 40 Universitas Trunojoyo Madura membuat program kerja yaitu media pembelajaran ular tangga dengan tema “Belajar Mengenali Diri Sendiri dengan Truth or Dare Board”.

Guna mengenali dan mengembangkan potensi yang di miliki siswa/i di UPT SD Negeri 149 Gresik yang berada di Desa Driyorejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Sasaran media pembelajaran Belajar Mengenali Diri Sendiri dengan Truth or Dare Board ini yaitu siswa/i kelas lima (V) yang terdiri dari kelas 5A dan 5B

Media pembelajaran ini adalah sebuah media layanan konseling yang di wujudkan dalam bentuk permainan. Permainan ini berbentuk seperti permainan Truth or Dare pada umumnya, tetapi ada poin tambahan seperti tentang diri sendiri yang berisi pilihan Truth or Dare, tentang diri sendiri, dan minat bakat. Di dalam media ini juga terdapat kertas ajaib berisi motivasi dan logic fun yang menarik.

Adapun tujuan dari penggunaan media pembelajaran “Belajar Mengenali Diri Sendiri dengan Truth or Dare Board” adalah anak bisa mengenali diri sendiri terkait potensi, keinginan, dan hal-hal yang ada dalam diri. Penggunaan media pembelajaran ini bisa untuk semua tingkatan usia. Namun, ada beberapa poin yang perlu di sesuaikan dengan tingkat usia partisipan.

Program kerja media pembelajaran “Belajar Mengenali Diri Sendiri dengan Truth or Dare Board” telah dilaksanakan pada hari Jumat (27/05/2022) untuk kelas B, dan Sabtu (28/05/2022) untuk kelas A .

Media pembelajaran Truth Or Dare | dokpri

Selama pembelajaran menggunakan media pembelajaran BK Truth or Dare Board, Siswa/i kelas lima (V) UPT SD Negeri 149 Gresik sangat antusias, gembira, dan terlibat aktif.

Kepala sekolah serta guru-guru di UPT SD Negeri 149 Gresik juga menyambut baik adanya media pembelajarn Truth or Dare Board ini.

DPL : Hisnuddin Lubis, S.Sos., M.A.

Penulis : Ayu Sekar Rini

Tim KKN : Alif Evandra Dzakwan, Aloy Elyesuanto Samosir, Andre Dwianto, Ayu Sekar Rini, Dhavi Rachman Azkiya’i, Dimas Setyo Ardiansyah, Fadhilah Fatih Salsamia, Fera Masithoh Nur Azizah, Fiandiras Sutra Bukhari, Lutfyana Nuzulul Qur’ainy, Mita Wahyu Yuniar Fatikasari, Moh Khoirul Khuluq, Riska Dwi Cahyani, Salza Billa Hardianti, Septalia Mustika Putri, Tenisya Heriyanto Putri

Related posts