Masa Pengabdian Usai, Kelompok 53 KKN Tematik UPNVJT Gelar Penutupan di Kelurahan Wonorejo

 49,398 total views

Tak lupa diadakan sesi foto bersama sebagai dokumentasi dan digunakan untuk melengkapi laporan | dokpri

Surabaya, Wartatasik.comPenutupan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kelompok 53 Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 28 Juni 2022 yang bertempat di aula atas kantor kelurahan Wonorejo di bawah pimpinan dosen pembimbing lapangan Ibu Nurul Azizah,S,AB.,M.AB.

Dalam acara penutupan ini dihadiri oleh 9 mahasiswa KKN Tematik Kelompok 53, dosen pembimbing lapangan,perwakilan kelurahan yang diwakili oleh sekretaris camat, kader PKK, ketua RT/RW, dan perwakilan warga masyarakat kelurahan Wonorejo.

Penutupan dimulai pagi hari, yaitu pada pukul 08.45 WIB. Rangkaian kegiatan pada penutupan ini adalah yang pertama pembukaan oleh MC dengan berdo’a sesuai kepercayaan masing-masing, yang kedua adalah sambutan.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua kelompok KKN Tematik kelompok 53 yang mengungkapkan banyak terima kasih kepada pihak perangkat kelurahan Wonorejo beserta warga masyarakat di kelurahan Wonorejo atas dukungan yang diberikan terhadap proses pelaksanaan progam kerja dari awal hingga akhir.

Selama kurang lebih tiga bulan berada di wilayah kelurahan Wonorejo terutama di RW 4,5 dan 7 terhitung mulai tanggal 21 Maret – 28 Juni 2022 untuk menjalankan program kerja yang telah dilaksanakan oleh Kelompok 53 KKN Tematik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Banyak pelajaran berharga yang dapat diambil selama pelaksanaan program kerja KKN dan juga pada sambutan ini ketua kelompok mewakili anggota kelompok meminta permohonan maaf apabila banyak kekurangan dan kesalahan yang dilakukan oleh Kelompok KKN Tematik 53 selama berada di wilayah kelurahan Wonorejo baik yang disengaja maupun tidak.

Sambutan yang kedua oleh Ibu Nurul Azizah selaku Dosen Pembimbing Lapangan, beliau menyampaikan pesan yang berisi mengenai ungkapan terimakasih kepada pihak desa yang mau menerima mahasiswa KKN Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dengan sangat baik dan beliau memohon maaf atas kesalahan yang diperbuat selama melakukan kegiatan KKN.

Selanjutnya sambutan oleh pihak kelurahan Wonorejo yang diwakili oleh Sekretaris Kelurahan. Beliau mengungkapkan rasa terimakasih atas program kerja yang telah dilakukan mahasiswa di kelurahan Wonorejo yang dapat memberi manfaat baik bagi masyarakat, beliau juga berharap agar program kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa dapat diteruskan oleh masyarakat sehingga mempunyai manfaat yang berkelanjutan.

Setelah sambutan selesai, kegiatan selanjutnya adalah pemaparan hasil program kerja dari KKN Tematik Kelompok 53 selama 3 bulan. Hasil program kerja antara lain, berhasil melaksanakan sosialisasi dan mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para pelaku usaha dan umkm kelurahan Wonorejo.

Telah melaksanakan Sosialisai serta Implementasi Digital Marketing, membuat Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa Veltikultur yang ditanami tanaman yang bisa dimanfaatkan masyarakat, seperti pakcoy, selada dan bayam. Hasil program kerja yang terakhir adalah telah melaksanakan demo produk yang bisa menginspirasi masyarakat untuk memulai bisnis baru atau melakukan inovasi bisnis.

Acara selanjutnya adalah pemberian kenang kenangan secara simbolis dan peresmian penutupan KKN dengan penyerahan Plakat dari KKN Tematik kelompok 53 kepada kelurahan Wonorejo di dampingi oleh Ibu Nurul Azizah Selaku DPL dari Kelompok 53 dan sekretaris kelurahan selaku perwakilan dari lurah dari.

Kegiatan tidak berhenti sampai disitu, di akhir kegiatan penutupan ini warga juga diberikan kesempatan untuk memberikan kesan, pesan, saran dan masukan untuk kami mahasiswa KKN Tematik Kelompok 53.

Salah satunya dari perwakilan warga RW 7 Bu Djadi yang sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan KKN di wilayahnya, beliau juga berpesan agar tetap semanga,  dilancarkan kuliahnya dan  sukses di bidangnya masing – masing.

Tak lupa diadakan sesi foto bersama sebagai dokumentasi dan digunakan untuk melengkapi laporan.

Kami berharap Kelurahan Wonorejo untuk kedepannya dapat menjadi wilayah yang lebih maju dalam bidang apapun. Semoga program kerja yang telah terlaksana dan mampu memberi dampak baik bagi Warga di kelurahan Wonorejo.***

Nama DPL : Nurul Azizah,S,AB.,M.AB.

Penulis : Mochammad Raihanditya Ramadhan

Nama Anggota Kelompok :

  • Mochammad Raihanditya Ramadhan,
  • Cantika Eva Dialoka,
  • Anasthasia Marshanda,
  • Dewi Ratih,
  • Febianty Putri Isna Muthmainna,
  • Alya Nur Amalina,
  • U’ud Uda Marlina,
  • Aldisa Raihan Fitrah,
  • Berliana Virliandita

Related posts