Berawal dari Google, Asep Kikin Sukses Budidayakan Jeruk Siem

 149,540 total views

Berawal dari Google, Asep Kikin Sukses Budidayakan Jeruk Siem | Wan.K

Kabupaten, Wartatasik.com – Berawal dari google, Asep Kikin asal kampung Sirnamamah Desa Kiarajangkung Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya sukses budidayakan pohon Jeruk jenis Siem.

Asep mengaku, awal memberanikan diri menggeluti di bidang penanaman pohon jeruk sejak tahun 2019 dengan coba coba mulai menanam 200 pohon dan bersyukur sampai saat ini memiliki 800 pohon jeruk.

Asep menyebut, hasil dari tanam pohon jeruk tersebut cukuplah lumayan, karena satu bibit dibandrol Rp 15 ribu. Sementara, kalau diperhitungkan dari mulai tanam bibit sampai metik panen mencapai modal Rp 500 ribuan dan memakan waktu sekitar dua tahun setengahan.

“Alhamdullilah, sampai saat ini, hasil ketekunan menggeluti budidaya ini saya sudah memiliki 800  pohon jeruk, bahkan ingin memiliki melibihi 1000 pohon jeruk,” harapnya Selasa (31/05/2022).

Namun terang Asep, dirinya untuk sekarang masih mencari pemasok hasil tanaman Jeruk Siem, lantaran belum sempat untuk mencari celah penampung hasil tanaman.

“Tapi saya bersyukur, kemarin hasil panen buah pertama tanaman jeruk mencapai satu ton setengah dari 200 pohon. Untuk penjualan, saat ini masih sistem petik sendiri dan banyak yang datang ke kebun dengan harga Rp 20 ribu per kg,” ujarnya.

Asep pun dalam benaknya mempunyai harapan besar untuk mengembangkan tanaman pohon Jeruk Siem, namun saat ini masih terbentur masalah permodalan.

“Mudah mudahan untuk kedepan kami mendapatkan kucuran dana dari pemerintah guna mengolah potensi tanam pohon jeruk ini,” tandas Asep. Wan.K

Related posts