Kasi Pembenihan Dinas Pertanian dan Pangan Kab Kebumen Ashari | Eqi

Kebumen, Wartatasik.com – Kebumen merupakan salah satu daerah yang memiliki populasi tinggi pohon kelapa Genjah Entog yang memiliki keunggulan dibanding dengan jenis kelapa lainnya.

Menurut Kasi Pembenihan Dinas Pertanian dan Pangan Kab Kebumen Ashari, Kelapa Genjah Entog ini mulai berbuah sekitar usia 1,5 tahun sampai 5 tahun.

“Ini juga tergantung perawatan dan pemeliharaannya, dengan ketinggian dua meter pun bisa berbuah,” ungkapnya, Rabu (04/12/2019).

Klik berita terkait >>> Study Banding ke Kebumen, Distan Kota Tasik Akan Tanam ‘Genjah Entog’ di Tiga Kecamatan

Pada awalnya lanjut Ashari, pohon kelapa ini merupakan tanaman hias, namun lama kelamaan ditebang karena pohonnya semakin tinggi sehingga dihawatirkan akan roboh dan membahayakan rumah pemiliknya.

Dijelaskan Ashari, untuk melestarikan pohon Kelapa Genjah ini, pihaknya membibitkan pohon tersebut dengan terlebih dahulu menyeleksinya dan nanti hasil pembibitan ini dapat mempertahankan kualitas dan populasinya tidak akan berkurang.

“Sampai saat ini, populasi kelapa genjah entog sekitar 1400 pohon, dengan produksi sekitar 40 ribu butir per tahunnya,” pungkas Ashari. EQi

Loading...