Berkat Kelompok P3A, Saluran Air Cisadana Kini Dirasakan Warga Kalangsari

 18,355 total views,  8 views today

Warga Dusun Kalangsari Desa Karangmulya Kec Jamanis kini bisa menikmati ketersediaan air ke sawah | Wan.K

Kab, Wartatasik.com – Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan dan terjaminnya penyediaan air bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Salah satunya kelompok tani di Dusun Kalangsari Desa Karangmulya Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya kini tengah mendapatkan gelontoran dana yang bersumber dari P3A.

Ketua Kelompok P3A Maman Suhendar menjelaskan, sebagai pengatur distribusi air dari saluran sekunder ke tersier, harus memiliki kapasitas teknis pengaturan air dan memahami kondisi saluran maupun bangunan pelengkapnya yang menjadi tanggung jawabnya terangnya.

“Untuk itu, kemampuan teknis pengairan dan pemeliharaan infrastruktur menjadi keharusan. P3A sebagai pensuplai air harus memahami target-target produksi yang harus dicapai, sehingga diperlukan pemahaman yang baik akan kebutuhan air bagi pertumbuhan tanaman,” terangnya, Senin (11/07/2020).

Sementara itu, Kepala Desa Karangmulya Wahyudi Hartono menuturkan, bahwa rampungnya pekerjaan P3A saluran air Cisadana Dusun Kalangsari sekarang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kampung setempat sampai ujung kampung.

“Awalnya, air tak pernah sampai di karenakan bocor d tengah jalan, namun saat ini masyarakat sangat berterimakasih kepada P3A yang sudah membenahi untuk pembangunan saluran air tersebut,” pungkasnya. Wan.K

Related posts