BPBD Kab Tasik Tinjau Langsung 15 Titik Bencana di Tujuh Kecamatan

 22,311 total views

BPBD Kab Tasikmalaya tengah meninjau ke sejumlah titik bencana | Wan K

Kab, Wartatasik.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya usai tinjau lokasi lima belas titik bencana di tujuh kecamatan yang berada di kabupaten Tasikmalaya.

Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya Nurdin mengungkapkan, pihaknya berupaya dengan masyarakat, relawan dibantu oleh TNI Polri, karena mereka sudah paham bencana itu urusan bersama, maka dengan sukarela bekerjasama bersama saling bahu membahu.

“Bencana yang terjadi yakni longsor, pergerakan tanah, banjir. Sedangkan untuk banjir di Kecamatan Sukaresik tempatnya di wilayah Desa Tanjungsari, Desa Ciawi, Kecamatan karangnunggal Karangnunggal,” paparnya, Sabtu (20/06/2020).

Untuk longsor Sukaraja, lanjut Nurdin, yaitu Cigalontang, Puspahiang dan Gunung Tanjung, sementara pergerakan tanah amblas yang menghubungkan Salopa ke Cikatomas, Pancatengah, Cikalong, sampai ke Cigugur kabupaten Pangandaran.

“Kemudian ada jembatan yang putus jembatan di Cimedang – Cikatomas yang menghubungkan Desa Cayur dan Sindang Asih,” ujarnya.

Nurdin mengaku sudah menyampaikan bagaimana cara mengatasi banjir, juga sudah sampaikan beberapa kali solusi khususnya di wilayah Kecamatan Sukaresik Desa Tanjungsari.

“Kita juga berupaya memberikan makanan siap saji karena banyak warga yang tinggal sementara yang belum turun di wilayah ini,” ungkapnya.

Untuk persiapkan dapur umum, BPBD sudah menyiapkan lima ratus paket sampai seribu, namun melihat kondisi dan situasi di lapangan, sebab sifatnya hanya membantu. Wan.K

Related posts