Buka Kick Off Meeting, Plt Wali Kota Tasik: Ini Tahapan Penyusunan RKPD

 10,569 total views,  2 views today

Buka Kick Off Meeting, Plt Wali Kota Tasik: Ini Tahapan Penyusunan RKPD | Kominfo

Kota, Wartatasik.com – Plt Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf membuka acara Kick off Meeting dan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Tasikmalaya 2022 di aula Bapelitbangda yang dihadiri, unsur forkopimda dan para perwakilan OPD di lingkungan pemerintah kota Tasikmalaya, Selasa (12/01/2021).

Dalam sambutannya, Plt Walkot menyampaikan, Pemerintah Daerah berkewajiban menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai bentuk penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah (RPJMD).

Hal itu kata Plt Walkot, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017. Adapun, dilaksanakannya Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD sekaligus dirangkaikan dengan Kick off Meeting.

“Ini merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD. Selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan Musrenbang mulai tingkat Kelurahan, Kecamatan, Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang Tingkat Kota,” ujar M Yusuf.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa pembangunan yang akan dilaksanakan di Tahun 2022 tentunya masih akan dirasa cukup berat sebagai dampak dari pandemic Covid-19. Namun begitu, Plt Walkot berharap dengan semangat dan optimis serta disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, pandemik akan berakhir.

“Dan rencana pembangunan serta target-target yang telah ditetapkan sejak awal akan dapat dilaksanakan, sehingga mampu memberikan manfaat serta dampak yang positif untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tasikmalaya,” harapnya.

Tema Pembangunan Tahun 2022 adalah Memacu Pertumbuhan dan Pemerataan Pembangunan Menuju Masyarakat Maju dan Madani. Adapun prioritas pembangunan pada Tahun 2022 adalah Peningkatan implementasi tata nilai kehidupan dan kualitas sumber daya manusia serta pelayanan dasar.

Lalu, Pertumbuhan dan pemerataan ekonomi serta peningkatan daya saing daerah, Pengurangan tingkat kemiskinan dan pengangguran, Peningkatan kemantapan dan penyediaan infrastruktur perkotaan terutama sanitasi permukiman dan pengelolaan lingkungan hidup dan Peningkatan tata kelola pemerintahan dan percepatan reformasi birokrasi.

Dalam rangka mewujudkan tema dan prioritas pembangunan tersebut, Plt Walkot memerintahkan kepada semua ASN, terutama para Kepala OPD dibawah koordinasi Sekretaris Daerah dan Kepala Bappelitbangda.

“Agar dapat menjabarkannya secara teknis dalam program dan kegiatan serta menyusun strategi dan perencanaan yang matang,” pungkas M Yusuf. Redi.

Related posts