Cegah Penyebaran di Desa Dawagung, Pemudik Diperiksa dan Disterilkan Terlebih Dahulu

 26,391 total views

Akses jalan gang lima dusun di Desa Dawagung ditutup | Wan.K

Kab, Wartatasik.com – Akses jalan gang lima dusun di Desa Dawagung Kecamatan Rajapolah Kabupaten Taskmalaya sudah ditutup yaitu Nagrog yang menghubungkan dengan Rajapolah, Kampung Godebang Dusun Nagrog yang menghubungkan Desa Dawagung dan Desa Rajamandala.

Selanjutnya, Kampung Sukahurip yang menghubungkan dengan Desa Rajamandala, Dusun Dawajaya yang menghubungkan dengan Desa Rajamamdala dan Desa Dawagung yang menghubungkan dengan Kecamatan Sukahening.

Kepala Desa (Kades) Dawagung Makmur mengungkapkan, penutupan jalan ini diberlakukan dua pintu masuk yaitu jalan Cibogo dan jalan Nagrog. Selain itu lanjutnya, juga di masing masing pintu masuk ada posko yang di jaga selama 24 jam dengan 3 shif.

“Tujuan dengan adanya posko tak lain untuk mengantisipasi khususnya warga Desa Dawagung, yang pulang merantau, sehingga sebelum sampai ke kampung halaman agar diperiksa dan di sterilkan dulu dari virus Corona. Ini berlaku semenjak 30 Maret 2020,” ungkapnya, Sabtu (04/04/2020).

Kades juga meminta kepada warga untuk membatasi kerumunan dan juga, apalagi masyarakat yang baru pulang merantau disarankan jangan dulu keluar atau interaksi dengan warga selama 14 hari.

“Khusus yang pulang merantau di himbau untuk mengisolasi diri, biasakan di budayakan pola hidup sehat. Kami sudah sosialisasi hal ini melalui media sosial, pamflet berikut himbauan secara keliling langsung yang memakai mobilisasi,” ujarnya.

Sampai hari ini kata Kades, warganya itu tidak ada yang terjangkit virus Corona dan berharap di Desa Dawagung steril dari virus ini. Ia berterima kasih kepada unsur muspika Kecamatan Rajapolah, tokoh masyarakat, agama, MUI, BPD LPM, Babinsa, Babinkabtimas, karangtaruna dan kader posyandu yang begitu sigap yang sudah membantu dalam kegiatan pencegahan Corona.

“Tak lupa kepada seluruh warga masyarakat yang sudah melaksanakan himbauan dari pemerintah desa kami, serta pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang sudah memberikan pengarahan mengenai virus Corona,” pungkasnya. Wan.K

Related posts