Cerita KKN Mahasiswa UPN Veteran Jatim di Kelurahan Jajar Tunggal 

 58,800 total views

Cerita KKN Mahasiswa UPN Veteran Jatim di Kelurahan Jajar Tunggal | dokpri

Surabaya, Wartatasik.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka UPN “Veteran” Jawa Timur tahun 2022 ceritakan pengalaman pribadi dan rekan kerja tim di lapangan.

Kolaborasi Mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jatim dengan Kelurahan Jajar Tunggal Bantu Pendataan Masyarakat MBR Guna Mengikuti Pelatihan Kewirausahaan, (18/5).

Mahasiswa KKN Tematik UPN “Veteran” Jawa Timur Bersama dengan Kelurahan Jajar Tunggal, melakukan kolaborasi untuk pendataan kepada masyarakat guna mengikuti pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat MBR.

Program pelatihan kewirausahaan tersebut di programkan oleh Pemerintah Kota Surabaya dan ditujukan langsung bagi masyarakat MBR.

Tujuan dari program pelatihan kewirausahaan tersebut adalah menyiapkan banyak program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) warga Kota Surabaya yang khususnya berpenghasilan rendah.

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi menjelaskan ekonomi kerakyatan harus terus digerakkan menyusul Kota Surabaya saat ini telah masuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

Walikota Eri juga menegaskan ekonomi kerakyatan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya selama ini, sudah diperkuat dengan peraturan dari pemerintah pusat, bahwa 40 persen APBD harus dikerjakan oleh UMKM.

Program tersebut terdiri dari pelatihan teknik, soft skill, hingga wirausaha. Program tersebut dirancang untuk membantu warga Surabaya meningkatkan derajat ekonominya.

Dengan adanya program tersebut banyak menyediakan lapangan kerja hingga membangun lapangan usaha baru. Hal itu dimulai dari mereka sendiri.

Sebelum melakukan pendataan kepada masyarakat. Mahasiswa KKN Tematik UPN “Veteran” Jawa Timur bersama dengan para staff kelurahan melakukan pengarahan di Kelurahan Jajar Tunggal.

Setelah itu, Mahasiswa KKN Tematik UPN “Veteran” Jawa Timur di dampingi oleh salah satu staff kelurahan yang disebar ke beberapa RT dan RW untuk menjelaskan program pelatihan kewirausahaan kepada warga.

Dalam program tersebut terdiri 14 pelatihan kewirausahaan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya yang meliputi penjahit & konveksi, laundry, cuci kendaraan, toko kelontong sablon, kue basah, coffee shop, pembuatan paving stan buah, sablon, potong dan pola, dan stan tanaman hias.

DPL : Kinanti Resmi Hayati, S.Hum, M.A.
Penulis: Rhendy Rifky S & Faiz Rizqullah
Tim KKN : Dicky Anggoro, Fadhel Husien, Fadhila Anis Mardani, Faiz Rizqullah, Ivan Regent Nielsen Silalahi, Lailatul Mafruhah, Mega Parella, Paulus Randi Tri Wahyuono, Rhendy Rifky Setiawan, Vanny Lellyta Indah Novita Sriwulandari.

Related posts