Di Bantarkalong, Hektaran Sawah dan Kolam Disapu Banjir Bandang

 14,932 total views

Di Bantarkalong, Hektaran Sawah dan Kolam Disapu Banjir Bandang | ndhie

Kabupaten, Wartatasik.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya, mengakibatkan banjir bandang di Desa Sukamaju, Kecamatan Bantarkalong, Jum’at (8/1/2021).

Akibat banjir ini, hektaran sawah dan kolam ikan milik warga pun seperti halnya laut, karena hanya terlihat hamparan air.

Menurut Roni, salah satu warga, mengatakan, meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian kejadian ini sangat besar sekali.

Kemarau panjang beberapa waktu yang menyebabkan tanah retak, kata Roni, ketika hujan datang membuat kontur tanahnya menjadi labil.

“Beruntung saja tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” singkatnya.

Sementara itu Kabid Darlog BPBD Kab Tasikmalaya Iwan  menyebut banjir bandang tersebut akibat intensitas hujan yang tinggi dengan waktu lama.

“Tadi hujannya lama, sejak jam 1 siang. Airnya itu kiriman. Kalau banjirnya di Sukamaju itu karena sungainya dangkal dan sempit, sehingga tidak mampu menahan aliran air yang besar,” katanya.

Meski hektaran sawah dan puluhan kolam ikan tergenang karena banjir ini, kata Iwan, namun pihaknya belum bisa memastikan jumlah secara pastinya.

“Untuk luasan hektarnya belum terkonfirmasi karena kita masih melakukan pendataan,” pungkas iwan. ndhie

Related posts