Dimulainya Tahapan Pesta Rakyat, Bawaslu RI Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

 39,955 total views

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja | dokNet

Kota, Wartatasik.com Selasa-14/06/2022, Menandai dimulainya tahapan Pemilu yang dimulai hari ini selasa 14 Juni 2022 Bawaslu RI melaksanakan apel siaga pengawasan Pemilu serentak secara nasional yang diikuti seluruh jajaran pengawas Pemilu seluruh Indonesia secara daring.

Apel siaga  ini untuk mengecek kesiapan seluruh jajaran pengawas Pemilu dalam melakukan kerja kerja pegawasan tahapan Pemilu 2024.

Di jajaran Pengawas Pemilu Kota Tasikmalaya, kami melanjutkan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 dilingkungan Bawaslu Kota Tasikmalaya untuk memastikan kesiapan jajaran kami mengawasi seluruh tahapan Pemilu 2024 di Kota Tasikmalaya.

Sebagai kesiapan memasuki tahapan Bawaslu Kota Tasikmalaya telah melaksanakan kegiatan pra-tahapan, seperti peningkatan kapasitas hukum dengan mengundang narasumber  pakar di bidang hukum, kegiatan kehumasan bersama media/pers di Kota Tasikmalaya, dan peningkatan kapasitas sumber daya internal Bawaslu Kota Tasikmalaya.

Dalam hal aspek pendukung pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Kota Tasikmalaya telah menyusun kembali program pengawasan partisipatif seperti membuka meja layanan pendaftaran pemantau Pemilu 2024, ruang pojok pengawasan, Bawaslu mengajar, dan sekolah Kader pengawasan Partipatif sebagai ikhtiar pelibatan partisipasi masyarakat seluas luasnya demi menciptakan transparansi pengawasan Pemilu 2024.

Merujuk pada Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024 tahapan pertama adalah penyusunan perencanaan, program, anggaran Pemilu dan penyusunan peraturan KPU kemudian dilanjutkan pada 29 Juli pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu.

Dalam konteks regulasi tentu menunggu peraturan KPU tentang pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024 terbit dan dalam konteks pengawasan, khususnya di Bawaslu Kota Tasikmalaya memastikan KPU melaksanakan tahapan pendaftran dan verifikasi peserta Pemilu 2024 sesuai Undang-Undang 7 Tahun 2017 dan sesuai ketentuan peraturan KPU. | Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi

Related posts