Dinsos Kota Tasik Salurkan Sejumlah Alat Bantu kepada Disabilitas Naungan YIS

19,293 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Nampak salah seorang penyandang dipasang alat bantu dengar | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tasikmalaya salurkan bantuan terhadap Yayasan Insan Siliwangi (YIS) berupa empat belas alat pendengaran dan sepuluh korsi roda yang bersumber dari Kementerian
Sosial (Kemensos) RI.

Bantuan tersebut dikonsentrasikan kepada para penyandang disabilitas khususnya yang ada di Kota Tasikmalaya, sedangkan bantuan dua pasang kaki palsu merupakan kerjasama antara Dinsos Kota Tasikmalaya dengan APDL (Aliansi Perempuan Disabilitas dan Lansia) dengan pengajuan kepada Baznas Propinsi Jawa Barat.

Ketua YIS Guruh Prasetyo Nurbudi, mengatakan, pemenuhan hak disabilitas lebih terbuka lebar lagi di Kota Tasikmalaya karena kemajuan disabilitas terutama dalam kemandirian kedepan, sebab jika tidak ada dukungan dari semua pihak tidak akan berjalan.

Dijelaskan Guruh, ketika penyandang disabilitas menerima dan langsung pemasangan alat bantu dengar, terlihat ada interaksi antara orang sekeliling. Tentunya momen itu membuat YSI merasa bangga dan terharu.

Karena lanjutnya, berhubung alat bantunya sudah steril ternyata penyandang disabilitas yang tidak bisa mendengar sama sekali, langsung terlihat dengan spontan berinteraksi.

“Saya berharap para penyandang disabilitas kedepan supaya tecatat ke rehabilitasi untuk mendapatkan kemandiriannya dan mengikis kecemasan orang tuanya,” tuturnya.

Guruh berpesan kepada Dinsos Kota Tasikmalaya untuk lebih optimal terkait disabilitas yang target berkaidah terpadu dan indikator.

“Kami ingin pemerintah lebih mengupayakan disabilitas di Kota Tasikmalaya untuk mengadakan vocational yang belum pernah ada. Dan jika kedepannya ada, setidaknya bisa di impelmentasikan,” pungkasnya. Suslia

Related posts