Edukasi Sejak Dini tentang HIV/AIDS, RESIK SMAN 7 Kota Tasik Gelar TOT

 88,216 total views

Edukasi Sejak Dini tentang HIV/AIDS, RESIK SMAN 7 Kota Tasik Gelar TOT | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Remaja Siaga Kesehatan (Resik) SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya menggelar Training of Trainer (TOT) dengan mengangkat tema “Remaja Sehat Generasi Bermanfaat” bertempat di kampus sekolah, Sabtu (17/09/2022)

SMAN 7 sendiri bekerjasama dengan Unsil Fakultas Kesehatan Masyarakat dan tiap tahun nya mempunyai program TOT seperti ini. Dalam kesempatan TOT ini nampak hadir pemateri dari Dinas Kesehatan Dadang Abdulloh Mubarrok.

RESIK sendiri yang masih berjalan hanya ada di SMAN 7 Kota Tasikmalaya dan tujuan TOT ini adalah mengedukasi tentang kesehatan secara pisikis.

Hal tersebut dikatakan Dewan Pembina RESIK Nabila Mustika Islami, “Seperti halnya hari ini kami mendatangkan narsum dari Dinkes terkait virus HIV dan pencegahannya dengan peserta dari siswa SMAN 7 yang selama ini baru ada sekitar 25 siswa yang terpanggil hatinya,” tambahnya.

Di Resik ini bukan cuma terkait HIV/AIDS terang Nabila, sebelumnya pun pihaknya pernah mengadakan penyuluhan dan mengedukasi tentang kesehatan reproduksi tentang sosial juga.

Sementara, Pemateri TOT Dadang Abdulloh Mubarok mengatakan bahwa SMAN 7 ini adalah satu-satunya sekolah yang berjalan program RESIK apalagi terkait kesehatan seperti ini.

Ia menjelaskan, Data kasus baru HIV/AIDS di Kota Tasikmalaya Januari dan Juli 2022 ada 88, “Dan perhari kamis kemarin kasus bertambah menjadi ada 1000 orang terinfeksi HIV,” ucapnya

Ditambahkannya, angka tertinggi di tahun 2019 sebanyak 107 kasus HIV, 79 pria 9 perempuan, usia 1-30 tahun dan betapa pentingnya memberikan edukasi terkait HIV.

“Kemudian target 2030 harus tidak ada lagi kasus baru HIV salah satunya dengan memberikan edukasi seperti sekarang dan tidak boleh ada lagi diskriminasi terhadap ODHA,” tutupnya. Suslia

Related posts