Subhanalloh…!! Selain Pahala, Ternyata Niat Puasa Ramadhan Memiliki 7 Manfaat

 2,575 total views

ilustrasi | net

Apakah anda sudah niat puasa Ramadan kali ini? Tentu selain mendapat berkah melimpah, pasti ingin menjadi sehat dan lahir kembali sebagai pribadi yang lebih baik dong!

Wartatasik.com – Bagaimana puasa kamu di hari dan minggu pertama bulan Ramadan kali ini? Menyenangkan dan bahagia rasanya akhirnya kita kembali bertemu dengan bulan suci Ramadan. Berpuasa merupakan kegiatan yang wajib dilakukan bagi umat muslim saat memasuki bulan Ramadan. Hal yang musti kita lakukan saat akan menjalani puasa adalah niat berpuasa di bulan Ramadhan. Kalau sudah niat, biasanya puasa yang kita jalani pun bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan pahala deh. Nah, selain pahala yang kita terima berkat puasa yang khusyuk dan sungguh-sungguh, ternyata berpuasa juga membuat kita mendapatkan banyak manfaat juga loh.

Berikut ini 7 manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan:

1. Memperbaiki metabolisme tubuh kita

Ketika menjalani puasa, metabolisme dalam tubuh kita pun akan terjaga. Energi yang ada dalam tubuh akan dialihkan dari sistem pencernaan yang selama ini bekerja keras ke sistem imun yang membuat sistem metabolisme dalam tubuh kita bisa pulih dan menjadi lebih baik lagi.

2. Meningkatkan detoksifikasi

Jika selama ini kamu lebih sering mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia atau makanan yang serba instan, dengan berpuasa di bulan Ramadan zat-zat kimia yang tadinya ada dalam tubuh kamu akan luruh bersamaan dengan lemak yang ada di tubuh. Selain itu, ginjal, hati dan organ tubuh lain dalam tubuh juga akan melakukan proses detoksifikasi secara otomatis.

3. Meregenerasi organ-organ dalam tubuh

Dengan berpuasa akan ada pola-pola dari sistem organ tubuh yang memperbaiki kerusakan-kerusakannya sendiri. Hal ini lah yang disebut proses regenerasi organ-organ dalam tubuh kita.

4. Membuat kita terbiasa dengan pola diet yang sehat

Menahan lapar dan haus saat berpuasa sama saja membuat kita terbiasa dengan pola diet. Hal inilah yang bisa membuat kita jauh lebih sehat. Tentu saja hal ini juga harus diimbangi dengan memberi asupan yang cukup dan sehat kepada tubuh kita.

5. Dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh, itu berarti berat badan juga bisa turun loh!

Saat berpuasa tentu saja asupan yang kita konsumsi menjadi lebih terorganisir. Hal inilah yang membuat kadar glukosa dalam tubuh kita menjadi turun atau justru menjadi stabil. Kalau sudah begini, berat badan yang kamu miliki juga bisa menurun loh.

6. Peningkatan kekebalan tubuh juga bisa kamu dapatkan jika kamu berpuasa loh

Racun yang lepas dalam tubuh dan pengurangan timbunan lemak dalam tubuh selama puasa dap membuat kekebalan tubuh ternyata bisa kamu dapatkan saat menjalankan puasa. Jadi, jangan ragu untuk menjalankan puasa dong!

7. Menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh kamu

Selama puasa organ dalam tubuh kita tentu akan bekerja lebih santai dari biasanya. Hal itulah yang membuat sistem pencernaan dalam tubuh kita jauh lebih teratur dalam bekerja, sehingga sistem pencernaan pun akan lebih sehat.

Nah, kalau kamu yang selama ini ada keluhan dalam sistem pencernaan, bukan Ramadhan ini bisa menjadi wadahmu untuk bisa membuat pencernaanmu jauh lebih sehat dengan berpuasa.

Manfaat-manfaat di atas ini dijamin bikin kamu semakin semangat puasanya deh. Sudah dapat pahal, dapat juga manfaat baik seperti di atas ini. Selamat menjalani ibadah puasa ya untuk Sahabat Trivia yang menajalankannya. trivia.id | wartatasik.com

Related posts