Gelar KKNT 2021 di Kab Tasik, Sebanyak 475 Mahasiswa IAIC Tersebar di Tiga Kecamatan

 82,115 total views

Gelar KKNT 2021, Sebanyak 475 Mahasiswa IAIC Tersebar di Tiga Kecamatan Kab Tasik | Ndhie

Desa Lengkongbarang Kecamatan Cikatomas menjadi salah satu tempat para mahasiswa IAIC Tasikmalaya melaksanakan KKNT…

Kabupaten, Wartatasik.com Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) Tasikmalaya melaksanakan KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) yang merupakan salah satu kegiatan intra di setiap perguruan tinggi.

Pada KKNT IAIC 2021 Tasikmalaya diikuti oleh 475 mahasiswa yang disebar di tiga kecamatan, yaitu Salopa, Cikatomas dan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (06/06/2021)

Semua desa yang berada di Kecamatan Cikatomas menjadi tempat para mahasiswa melakukan KKNT salah satunya Desa Lengkongbarang.

Dengan memfokuskan kepada pemberdayaan lembaga sosial keagamaan seperti, Diniyah Takmiliyah, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Majelis Taklim, dan Baitul Maal wa Tamwil (BMT).

Selama 40 hari, terhitung dari tanggal 2 Juni sampai 12 Juli 2021, para mahasiswa KKNT IAIC di Desa Lengkongbarang akan melakukan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, dalam membangun komunikasi yang baik, pada minggu pertama, para mahasiswa mulai melakukan silaturahmi ke perangkat desa, ajengan, tokoh masyarakat dan warga setempat di Desa Lengkongbarang.

Silaturahmi dimulai dengan mendatangi perangkat desa yang dihadiri oleh Bapak H. Awan selaku Kepala Desa Lengkongbarang dan didampingi oleh ketua Badan Pengawas Desa (BPD) dan Sekretaris desa.

Dilanjut dengan menyambangi Ajengan Oop Mustofa, selaku Kordinator Diniyah desa Lengkongbarang, Ajengan Entang selaku ketua DKM Kp. Citatah, Sukajadi, Ajengan H. Mastur selaku ketua DKM as-Siddiq, Majelis Taklim Sirojudin, RT dan RW Kp. Parunggolong.

Dalam sambutannya Kepala Desa Lengkongbarang H Awan mengaku antusias dengan kedatangan mahasiswa KKNT dari IAIC Tasikmalaya dan siap membantu program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa.

Tak lupa juga menyapa beberapa warga setempat di Kp. Parunggolong. Warga sangat antusias menyambut kedatangan mahasiswa KKNT IAIC Tasikmalaya.

Hal tersebut terlihat dengan keramahtamahan para warga, yang siap membantu menjalankan program KKNT yang akan dilaksanakan. Baik dalam program utama (tema) seperti hadir dalam pengajian harian, pengajian mingguan, pengajian DTA, dan Majelis Taklim.

Warga setempat juga berharap dengan adanya mahasiswa KKNT IAIC dapat membawa kemajuan desa, kemakmuran masjid, dan memanfaatkan teknologi yang ada untuk kemaslahatan desa

Ketua Kelompok KKNT IAIC Desa Lengkongbarang Deri mengatakan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama 40 hari.

“Kita akan memaksimalkan waktu untuk melaksanakan program-program yang telah disusun bersama sesusai yang diamanatkan pergururuan tinggi, dan juga dengan KKNT ini semoga mendapatkan pengalaman yang menjadi pengamalan untuk kehidupan dimasa yang akan datang,” tandasnya. Ndhie

 

Related posts