Hadir di Kota Tasik: BRI Suguhkan Semarak Berbagai Kegiatan sebagai Bentuk Dukungan kepada UMKM

 273,852 total views

Hadir di Kota Tasik: BRI Suguhkan Semarak Berbagai Kegiatan sebagai Bentuk Dukungan kepada UMKM | ist

BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022

Hadir di Kota Tasikmalaya; BRI Suguhkan Semarak Berbagai Kegiatan Sebagai Bentuk Dukungan Kepada UMKM…

Tasikmalaya, Wartatasik.com – 29 Agustus 2022, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sukses menggelar Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Kota Tasikmalaya dari tanggal 26 hingga 28 Agustus 2022 di Lapangan Dadaha yang bertujuan untuk memberikan dukungan penuh terhadap UMKM, serta memberikan edukasi digital dan keuangan kepada masyarakat.

Dukungan diperlukan dari berbagai pihak untuk membangkitkan UMKM yang selama ini terdampak pandemi Covid-19. Kegiatan yang mengusung enam (6) pilar: Pasar, Panggung, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, dan Panen, ini dihadiri lebih dari 30 ribu warga Tasikmalaya dan sekitarnya.

Selain dukungan BRI terhadap UMKM, kegiatan ini juga mendukung kelestarian budaya melalui Pawai yang menampilkan seluruh seni dan budaya yang berasal dari Tasikmalaya, seperti yang disampaikan oleh Hadian, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tasikmalaya.

“Pemerintah daerah akan selalu mendukung pengembangan dan kebangkitan UMKM di Tasikmalaya serta edukasi dan peningkatan kegiatan literasi digital yang diselenggarakan oleh BRI. Pemerintah juga mengapresiasi BRI yang turut mendukung kelestarian seni dan budaya di Kota Tasikmalaya melalui pawai yang melibatkan komunitas-komunitas seni di Kota Taskimalaya. Kami perlu sampaikan semoga kegiatan ini konsisten demi mendukung UMKM, edukasi masyarakat dan komunitas-komunitas seni di daerah,” ujar Hadian.

Regional CEO BRI Kanwil Bandung, Ida Bagus Ketut Subagya menyampaikan, Pesta Rakyat Simpedes di Kota Tasikmalaya ini adalah kegiatan kelima yang diselenggarakan BRI dari 12 kota yang akan diselenggarakan sebagai bentuk komitmen dan konsistensi BRI untuk mendorong UMKM untuk bisa Pede Memimpin Perubahan melalui pelatihan dan pemberdayaan lain terhadap UMKM.

“Selain itu dukungan ini kita tujukan kepada masyarakat untuk mulai beralih pada sistem pembayaran QRIS yang efisien dan fleksibel serta mendukung pemerintah untuk mengurangi penggunaan uang fisik,” ujar Ida Bagus Ketut Subagya.

Salah satu bentuk literasi digital yang diterapkan pada kegiatan PRS ini adalah, seluruh pengunjung diwajibkan untuk melakukan scan QRIS melalui aplikasi BRImo sebesar Rp1,-. Tujuannya adalah agar seluruh pengunjung mendapatkan pengalaman melakukan pembayaran secara digital.

Selain itu, pembayaran digital juga diterapkan di seluruh booth UMKM yang hadir di PRS Tasikmalaya. Hal ini diharapkan dapat memudahkan para pengunjung untuk bertransaksi tanpa menggunakan uang fisik. Seperti yang disampaikan Savitri salah satu pengunjung yang berasal dari Tasikmalaya.

“Penggunaan QRIS melalui aplikasi BRImo menurut saya memudahkan sekali, karena saya tidak perlu untuk membawa uang cash tapi bisa bertransaksi di sini, UMKM di sini juga harganya terjangkau, jadi saya sangat puas ikut acara BRI ini,” tuturnya

Para pelaku UMKM yang hadir pada acara ini juga diberikan pelatihan-pelatihan melalui Kelas UMKM, Workshop, dan Kelas Inklusi Keuangan. Pelatihan ini membahas mengenai bagaimana mengelola keuangan, membahas persaingan industri, belajar digitalisasi pada UMKM, dan membahas investasi saham untuk masa depan. Pelatihan ini memberikan pemahaman yang lebih agar para UMKM ini bisa Pede Berbisnis dan mampu mengembangkan bisnisnya.

Klik berita terkait:

Pesta Rakyat Simpedes 2022: Perkuat Digitalisasi Finansial UMKM di Tasikmalaya

 

Pertunjukan Seni Lokal Hingga Nasional Ramaikan PRS 2022

Berbagai macam pertunjukan lokal hingga nasional menjadi salah satu magnet pada acara PRS 2022 di Tasikmalaya kali ini. Pertunjukan pawai yang diikuti berbagai komunitas seni meramaikan acara, penampilan artis lokal hingga nasional seperti Plamboy, Geisha, Ayu Ting Ting, Anji, hingga Slank tampil pada acara ini. Selain itu, program lainnya adalah Panggung Tawa, Panggung Masak, Panggung Ilmu, Panen, Hadiah, Program Peduli, hingga E-sport Competition juga hadir mengisi acara pada tiga hari pergelaran PRS BRI 2022 di Tasikmalaya.

Pesta Rakyat Simpedes BRI 2022 akan berlangsung hingga bulan Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia, dengan gelaran utama di 12 Kota. Kegiatan ini dapat dihadiri pengunjung secara langsung ataupun dapat disaksikan di Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI. Kegiatan ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya bangkitnya sektor UMKM di Indonesia.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRS2022. Redaksi

 

***

Related posts