Kapolresta Tasik: Bhabinkamtibmas Ujung Tombak dalam Harkamtibmas

 83,718 total views

Kapolresta Tasik: Bhabinkamtibmas Ujung Tombak dalam Harkamtibmas | Ist

Kota, Wartatasik.com – Polri sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Hal itu dikatakan Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan, SH., S.I.K., M.Si saat memimpin apel Gelar Bhabinkamtibmas di Mapolres, Kamis (02/09/2021).

Dijelaskan AKBP Aszhari, Bhabinkamtibmas atau Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat adalah sebagai ujung tombak Polri dalam Harkamtibmas. Semua Bhabinkamtibmas yang bertugas adalah Kapolri nya tingkat Desa atau Kelurahan.

“Untuk itu, setiap Bhabinkamtibmas diharapkan dapat mempedomani Peraturan Kapolri tentang fungsi dan perannya, dalam hal ini Peraturan Kapolri (Perkap) No.7 Tahun 2021,” jelas Kapolresta.

Ia berharap, Bhabinkamtibmas dapat meningkatkan kembali kegiatannya, seperti Anjangsana kepada Toga (Tokoh Agama), Tomas (Tokoh Masyarakat) dan Toda (Tokoh Pemuda) (door to door system) dan Deteksi Dini.

“Sehingga dapat menghimpun Informasi, Pendapat dan masukan dari masyarakat tentang Tugas tugas Kepolisian, sambung Kapolres dalam arahannya,” ungkap Kapolresta.

Menurut keterangan Kasat Binmas AKP H. Iwan., S.I.P., Bhabinkamtibmas  berjumlah 181 Anggota yang membawahi 112 Desa dan 69 Kelurahan,  semua berdinas  di 19 Polsek Jajaran Wilayah Hukum Polres Tasikmalaya Kota. EQi.

Related posts