Kota Tasikmalaya Sandang Gelar UHC Per Agustus 2022

 2,365 total views

Pemerintah Kota Tasikmalaya bersiap dalam perayaan Universal Health Coverage (UHC). | Jamkesnews

Tasikmalaya, Wartatasik.com – Pemerintah Kota Tasikmalaya bersiap dalam perayaan Universal Health Coverage (UHC). Terhitung mulai 1 Agustus 2022, kota dengan jumlah penduduk sebanyak 731.606 ini menjadi pionir yang berhasil meraih predikat capaian kesehatan semesta di wilayah Priangan Timur.

Tercapainya Cakupan Kesehatan Semesta tersebut di tandai dengan dilakukannya penandatanganan rencana kerja antara BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya dengan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dalam rangka menjaga kesinambungan Cakupan Kesehatan Semesta Program JKN, belum lama ini atau tepatnya, Rabu, 27 Juli 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat menyampaikan bahwa pembangunan sektor kesehatan menjadi salah satu prioritas penting dalam agenda pembangunan nasional. Hal tersebut juga yang menjadi salah satu fokus utama pemerintah Kota Tasikmalaya, yaitu agar seluruh penduduk dapat memperoleh layanan kesehatan yang layak dan memadai.

“Capaian ini tentu berarti bagi kami agar terus memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di Kota Tasikmalaya. Dalam perjalanan mencapai UHC tentu tidaklah mudah, banyak hal yang membuat kami harus tekun dan sabar dalam mewujudkannya,” katanya.

Ia menambahkan jika masyarakat sudah memiliki JKN ini, mereka tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya untuk berobat. Masyarakat dapat hidup lebih tenang, produktivitas juga meningkat dan kualitas SDM jadi lebih baik lagi.

“Cakupan universal mengandung dua elemen inti yakni akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warganya minimal 95%, dan perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan. Dan ini berhasil diwujudkan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya,” ucap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya, Agus Ramlan Hidayat.

Agus juga sangat mengapresiasi keberhasilan Kota Tasikmalaya dalam mewujudkan UHC. Ini tidak terlepas dari peran serta dan dukungan Pemerintah Kota Tasikmalaya dan instansi terkait mendukung BPJS Kesehatan dalam melakukan sosialisasi Program JKN kepada masyarakat Tasikmalaya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan selamat atas keberhasilan dalam mencapai 95,33%. Hal ini bisa terwujud karena kolaborasi dan dukungan yang luar biasa dari seluruh pihak terkait. Harapannya dapat lebih meningkatkan lagi pencapaian cakupan kepesertaan di Kota Tasikmalaya ini. Kami pun selalu berupaya dalam peningkatan pelayanan, kami pastikan tidak ada iur biaya jika memanfaatkan rawat inap sesuai hak kelas dan sesuai prosedur yang berlaku,” tambahnya. Jamkesnews | Redaksi

Related posts