Meningkatkan Soft Skill melalui Program MBKM: Studi Independen

 67,165 total views

Pamflet kegiatan studi independen Kampus Merdeka Binar Academy | dokpri

ReferensiSaya akan membagikan sedikit pengalaman saya saat mengikuti program MBKM Kampus Merdeka. Nah, apasih yang kalian tahu tentang MBKM. MBKM sendiri yaitu kepanjangan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka, program yang dibuat oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dengan berbagai kompetensi tambahan di luar program studi atau di luar kampus.

Kalau MSIB sendiri kepanjangan dari Magang dan Studi Independen Bersertifikat. MBKM merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang dirancang untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia di masa depan. Dengan mengikuti program ini kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan dan skill yang bisa membantu didunia kerja.

Untuk mempersiapkan sumber daya yang bermutu dan ahli pada bidang – bidangnya pemerintah mengadakan program kampus merdeka ini untuk membuat mahasiswa dapat menentukan minatnya diluar jurusan yang telah diambil semasa kuliah, Binar Academy sebagai mitra yang bekerjasama dengan program kampus merdeka bergerak pada bidang dunia digital yang membuka berbagai kelas atau bootcamp dengan tujuan agar mahasiswa dapat belajar mengenai dunia digital sesuai dengan bidang yang mereka minati masing – masing.

Saya mendapat kesempatan mengikuti MBKM  di Binar Academy dan mengambil kelas product management.   Di Binar Academy banyak kelas yang dapat diikuti ada kelas product meliputi product management dan UI/UX, ada kelas mobile development meliputi android developer, ios developer, dan react native, dan ada kelas programming meliputi fullstack web, frontend javascript, backend javascript, dan backend java.

Binar Academy didirikan pada tahun 2017 oleh Alamanda Shantika bersama dua alumnus Gojek lainnya, yaitu Dita Aisyah dan Seto Lareno. Sebagai pelopor startup edutech di bidang digital skill, Binar berfokus pada pengembangan skill dan talenta digital dengan meningkatkan pengalaman belajar melalui tahapan pembelajaran yang jelas dan metode pembelajaran yang beragam, seperti kelas online dan berbagai macam konten. Binar memiliki Sertifikat Education Alliance Finland 2021.

Yang mana Kurikulum Binar Bootcamp mendapatkan sertifikasi dari Education Alliance Finland (EAF). Keberhasilan ini didasari atas penilaian sempurna dari segi kualitas kurikulum, metode pembelajaran, pendekatan pengajaran kepada siswa, serta keselarasan kelas dengan kebutuhan industri, kini dan nanti.

Rangkaian kegiatan dalam program studi independen untuk menjadi product manager itu sendiri meliputi secara garis besar yaitu pembelajaran individu dan tugas akhir dalam bentuk tim. Aktivitas Studi Independen Bersertifikat menjadi Product Manager terdiri atas rangkaian  kegiatan:   Pembelajaran melalui silabus,  Bootcamp, Challenge, Final Project. Penulis: Fatimatuz Zahroh Mahasiswi informatika semester 6 UPN “Veteran” Jawa Timur

Related posts