Kritisi Peran Disporabudpar Kota Tasik, Tatang: Tak Seirama dengan Para Budayawan

 24,007 total views,  8 views today

Tokoh budayawan Tasikmalaya Tatang Pahat | Ist

Kota, Wartatasik.com – Tokoh budayawan Tatang Pahat kritisi eksistensi Disporabudpar Kota Tasikmalaya, ironisnya selama ini instansi tersebut dinilai tak seirama dengan para komunitas atau kelompok budaya seni.

Menurut Tatang, persoalan ini bukan rahasia lagi bahwa Dinas Kebudayaan malah bersaing dengan kelompok kesenian yang berkembang di masyarakatnya.

Jadi kata ia, wajar saja kesan yang muncul bahwa Dinas Kebudayaan seolah olah bersaing dengan kelompok-kelompok tadi, padahal sejatinya Dinas Kebudayaan harus jadi bapak angkat.

“Realitas di lapangan sebaliknya Dinas kebudayaan malah menjadi pesaing (lebih kepada musuh) dalam merealisasikan programnya. Inilah yang menjadi soal Dinas kebudayaan selalu di curigai dalam setiap kegiatannya,” beber Tatang, Kamis (30/07/2020).

Ia mengajak masyarakat untuk sedikit mencermati tentang kebudayaan (Nusantara), khususnya di Kota Tasikmalaya. Tatang menyebut, semestinya Dinas Kebudayaan dalam pola dan kinerjannya berpihak pada perkembangan budaya yang berkembang di masyarakatnya.

“Ya, sebab hakekatnya Dinas Kebudayaan merupakan perpanjangan tangan dan informan tentang perkembangan budaya di masyarakat kepada pemerintah. Bukannya sebagai praktisi budaya, lebih jauhnya sebagai kelompok atau komunitas budaya,” tandasnya. Asron.

Related posts