Lewat Spot Check, BPJS Kesehatan Tasikmalaya Pastikan Distribusi Kartu JKN-KIS Tepat Sasaran

 12,149 total views,  6 views today

BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya lakukan spot check di wilayah Desa Ancol dan Desa Ciampanan Kecamatan Cineam, pada Minggu (15/11) | Ist

Tasikmalaya, Wartatasik.com – Untuk memastikan proses pendistribusian kartu JKN-KIS kepada peserta, khususnya peserta JKN-KIS segmen peserta Penerima bantuan Iuran (PBI), BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya lakukan spot check di wilayah Desa Ancol dan Desa Ciampanan Kecamatan Cineam, pada Minggu (15/11/2020).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya, Jajan Nurjana menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan kartu JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) telah terdistribusi secara tepat sasaran kepada masyarakat serta memastikan akurasi data peserta pada Kartu JKN-KIS sudah sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga pada Kartu Keluarga (KK) baik itu nama, tanggal lahir, alamat serta Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Kegiatan Spot Check ini kami lakukan secara rutin dalam upaya memastikan kartu telah tepat sasaran dan telah diterima oleh peserta yang bersangkutan sesuai data. Tidak lupa kegiatan ini pun di manfaatkan dalam akurasi data peserta untuk memastikan data telah sesuai dan juga memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai prosedur dan alur pelayanan kesehatan, agar menekan angka kunjungan peserta ke Kantor Cabang” jelas Jajan.

Jajan menambahkan bahwa dalam kegiatan tersebut juga dimanfaatkan sebagai wadah untuk memberikan sosialisasi dan edukasi tentang penyelenggaraan Program JKN-KIS. Apalagi di tengah situasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), BPJS Kesehatan telah banyak berinovasi untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta yang ingin mendapatkan pelayanan kepesertaan JKN-KIS.

“Di masa pandemi saat ini, kami memang mendorong peserta untuk memanfaatkan layanan digital BPJS Kesehatan, seperti Mobile JKN, CHIKA, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 hingga Pelayanan Administrasi melalui Whatsaap (PANDAWA). Dengan begitu, masyarakat lebih mudah mendapatkan akses layanan kepesertaan tanpa harus keluar rumah,” tambah Jajan.

Klik berita terkait: 

BPJS Kesehatan Tasikmalaya Sosialisasi Program GILANG ke Peserta

Melihat antusiasme dan respon positif dari masyarakat terhadap kegiatan Spot Check  ini, jajan menyebut kegiatan spot checl tersebut harus dilakukan secara rutin demi menekan angka kunjungan. Hal tersebut diaungkapkan Jajan mengingat banyak masyarakat yang memiliki lokasi rumah yang berjauhan dengan kantor BPJS Kesehatan.

Salah satu peserta JKN-KIS yang dikunjungi di Desa Ancol Kecamatan Ciampanan, Narwiyah mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan informasi yang di terimanya.

“Terima kasih sudah berkunjung ke Desa ini, kami sangat senang menerima informasi yang bermanfaat ini, jadi kami tidak perlu jauh-jauh harus berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan. Semoga acara seperti ini sering dilakukan di Desa kami,” tutup Narwiyah. Jamkesnews | Redaksi

Related posts