Mahasiswa KKN-T UPNVJT Melakukan Pendampingan Pengembangan UMKM Tempe di Kelurahan Jajar Tunggal Melalui Desain Packaging

 53,273 total views

Foto bersama mitra UMKM Tempe di Kelurahan Jajar Tunggal | dokpri

Surabaya, Wartatasik.com – Kemasan produk merupakan bagian penting diperhatikan oleh para pelaku usaha yang memakai kemasan sebagai bungkusan untuk menjual hasil produknya. Kemasan yang menarik mampu meningkatkan penjualan ditambah dengan desain yang unik, menarik, dan informatif. Sebuah produk yang dijual memiliki nilai lebih jika dapat dikemas dengan sangat baik.

Hal ini diperlukan kemampuan kreatif desain kemasan diperlukan guna mencapai target jual yang maksimal. Selain itu, kemasan produk yang baik dan menarik, secara tidak langsung membangun kepercayaan kepada konsumennya. Dengan memakai kemasan produk, informasi mengenai produk dengan jelas dapat diberikan seperti kode produksi, tanggal kadaluarsa produk, standar keamanan produk, hingga sertifikasi halal dari lembaga yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Mahasiswa KKN Tematik UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan pendampingan kepada salah satu mitra UMKM tempe di wilayah Kelurahan Jajar Tunggal mengenai strategi bisnis melalui desain packaging terhadap produk tempe (11/5). Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mitra UMKM mengenai bagaimana suatu produk dapat dikembangkan melalui branding desain kemasan yang nantinya dengan mudah di kenali oleh konsumen sehingga dapat meningkatkan minat konsumen dan perluasan pasar produk.

“Kemasan produk yang menarik mampu meningkatkan penjualan, dari produk yang sama, kualitas yang sama, dan harga yang sama. Apabila kemasan produknya berbeda, maka tingkat penjualannya pun juga akan berbeda.” ujar ketua kelompok KKNT 9.

“Melihat mitra KKN selama ini tidak memiliki logo pada kemasan tempenya, saya berinisiatif untuk membantu membuatkan dan mencetak logo agar semakin banyak orang mengenal produk tempenya” tutur Ella yang merupakan salah satu mahasiswa KKN.

Oleh karena itu, pendampingan bagi mitra sangatlah penting karena mampu menguatkan usaha mitra dimana program pendampingan mampu memberikan dampak terhadap pengembangan usaha mitra terutama jika diamati dari indikator peningkatan omset dan pendapatan mitra.

Mahasiswa mendampingi mitra UMKM mengenai strategi bisnis melalui desain packaging | dokpri

Mahasiswa KKN melakukan pengemasan ulang yang menarik terhadap produk tempe. Proses pengemasan ulang dilakukan dengan cara pemebuatan stiker yang berisikan nama produk, logo produk, pihak yang memproduksi, lokasi produksi, cap halal, dan warna stiker agar produk memiliki identitas ciri khas tersendiri.

Melalui kegiatan pendampingan ini, mitra UMKM telah memahami pentingnya kemasan yang baik agar nantinya dengan mudah di kenali oleh konsumen sehingga dapat meningkatkan minat konsumen dan perluasan pasar produk.

DPL : Kinanti Resmi Hayati, S.Hum, M.A.

Penulis: Rhendy Rifky S

Tim KKN : Dicky Anggoro, Fadhel Husien, Fadhila Anis Mardani, Faiz Rizqullah, Ivan Regent Nielsen Silalahi, Lailatul Mafruhah, Mega Parella, Paulus Randi Tri Wahyuono, Rhendy Rifky Setiawan, Vanny Lellyta Indah Novita Sriwulandari.

 

Related posts