Mahasiswa UPN Jatim Gandeng Karang Taruna Kelurahan Wonorejo Rungkut untuk Sukseskan Kesadaran Administrasi Kependudukan

 15,490 total views

Gambar 1: Memandu praktek secara langsung penggunaan web aplikasi KLAMPID | dokpri

Surabaya, Wartatasik.comPandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat masyarakat harus beradaptasi dengan berbagai hal baru. Banyak perubahan-perubahan yang dilakukan untuk memulai era baru di masa pandemi ini. Tak terkecuali Pemerintah Kota Surabaya yang mengembangkan sarana dan prasarana untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Salah satu sarana yang diciptakan oleh Pemerintah Kota Surabaya yaitu pembuatan website aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pengurusan administrasi kependudukan, yaitu KLAMPID.

Selain itu, hal ini digunakan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pengurusan administrasi penduduk yang dapat mempermudah instansi pemerintah dalam pendataan terkait kependudukan maupun catatan sipil.

Website aplikasi yang dapat diakses pada laman https://wargaklampid-dispendukcapil.surabaya.go.id/ merupakan website yang dapat mempermudah warga Surabaya dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), pemutakhiran biodata, akta kematian, dan sebagainya secara online.

KLAMPID sendiri merupakan akronim dari kawin (perkawinan), lahir (kelahiran), mati (kematian), pindah (pindah), datang (datang).

Namun mengingat adanya kesenjangan penggunaan dan penguasaan teknologi, pengurusan secara online seperti ini juga diperlukan perhatian khusus agar semua warga dapat memanfaatkannya dengan mudah, Kebanyakan warga yang tidak mengetahui cara penggunaannya akan pergi ke kantor kelurahan untuk dibantu dan dipandu penggunaannya.

Untuk itu pada Sabtu, 25 Juni 2022 Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yang sedang magang MBKM Dispendukcapil Kota Surabaya mengadakan sosialisasi penggunaan web aplikasi KLAMPID dengan menggandeng anak muda yang tergabung di karang taruna setiap RT di wilayah Wonorejo Rungkut.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Ibu Lurah, Kasi Pemerintah, serta staf dan pegawai kelurahan. Bahkan Ketua RW dan RT pun turut membantu berjalannya acara ini. Target sasaran dari sosialisasi ini memang anak muda yang harapannya dapat membantu lingkungan sekitar dan dapat menularkan ilmu yang telah disampaikan kepada warga yang kurang paham dengan teknologi, seperti penggunaan website aplikasi KLAMPID.

Gambar 2 : Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur memaparkan materi penggunaan website aplikasi KLAMPID | dokpri

Dimulai dari jam 09.00 WIB sampai dengan jam 10.30 WIB acara sosialisasi sangat kondusif. Pemaparan materi diberikan setelah foto bersama dengan Ibu Lurah dan setelah dibagikan snack agar sosialisasi lebih santai namun tetap tersampaikan.

Kurang lebih 11 anak muda yang mengikuti sosialisasi ini dari RW 02 dan RT 08 (RW 08) wilayah Wonorejo Rungkut Surabaya. Tidak hanya pemaparan materi saja, kegiatan sosialisasi ini juga memberikan kesempatan kepada peserta yang datang untuk praktek secara langsung pembuatan akun KLAMPID di gawai masing-masing.

“Acaranya seru dan ga ngebosenin” tutur Nabil salah satu peserta sosialisasi. “Mungkin memang agak susah pemahamannya, tapi memang mereka diperlukan untuk turut. ** Penulis; Linda Yunia

Related posts