Peduli Sesama, Pasca Idul Fitri Pemuda Kp Cikapol berbagi dengan Yatim Piatu dan Jompo

 90,605 total views

Peduli Sesama, Pasca Idul Fitri Pemuda Kp Cikapol berbagi dengan Yatim Piatu dan Jompo | Wan.K

Kab, Wartatasik.com – Momentum hari raya Idul Fitri adalah saat dimana semua orang bersuka cita merayakan kemenangan bersama keluarga saudara dan sahabat-sahabat terdekat di kampung halaman, berbagi kasih dan rejeki adalah hal yang biasa dilakukan masyarakat perkampungan.

Suasana seperti itu dua tahun terakhir ini mengalami perubahan yang cukup signifikan, karena situasi wabah covid-19 yang masih berkecamuk di negeri tercinta ini, sehingga berpengaruh terhadap segala aspek termasuk aspek ekonomi.

Banyak warga masyarakat yang kena imbas terhadap terpuruknya ekonomi. Ada sebagian masyarakat yang mengalami keterpurukan akibat dampak covid-19 ini.

Menyikapi keadaan seperti ini, mengetuk para tokoh pemuda Kp. Cikapol desa Rajamandala untuk mengadakan kegiatan santunan jompo dan yatim piatu.

Semata ini dilakukan untuk meringankan beban saudara-saudara yang lainnya terutama para jompo dan yatim piatu di lingkungan Kp. Cikapol.

Para pemuda Cikapol berkoordinasi dengan pihak pemerintahan ke RWan dan pihak ke DKM an Al-Fudlola akhirnya bersepakat mengadakan kegiatan santunan jompo dan yatim piatu ini dalam agenda kegiatan Halal Bi Halal.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa 18 Mei 2021 bertempat di halaman madrasah Al-fudlola dan diikuti oleh 53 orang jompo dan yatim piatu penerima santun dan di hadiri oleh wakil ketua DPRD kab. Tasikmalaya H. Ami Fahmi, kepala desa Rajamandala Enjang Jalaludin dan tokoh-tokoh kampung Cikapol.

Wajah semringah ditunjukan anak yatim piatu dan jompo ketika mereka menerima amplop berisi uang dan bingkisan yang di serahkan secara simbolis oleh para tokoh tersebut diatas.

Dalam kegiatan santunan jompo dan yatim piatu ini yang di bingkai dalam agenda halal bihalal warga kampung Cikapol diadakan pula tablig akbar dengan penceramah KH. Ujang Surachman dari pesantren Miftahul Huda Manonjaya.

Pada kesempatan ini, H. Ami Fahmi dalam kata sambutannya mengagresiasi kegiatan santunan jompo dan yatim piatu ini yang di selenggarakan oleh para pemuda. Pasalnya, dengan semangat dan tekad yang kuat, kaum muda bisa berbuat lebih bagi kemaslahatan masyarakat.

“Ya, contohnya kegiatan ini, yang digagas oleh para pemuda, saya sangat mengapresiasi dan menghargai segala upaya yang telah dilakukan oleh para pemuda dengan melaksanakan kegiatan ini di tengah kondisi covid-19 yang masih berlangsung, tanpa mengindahkan anjuran pemerintah untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Senada, Kepala Desa Rajamandala Enjang Jalaludin mengapresiasi segala kegiatan yang terlaksana, beliau sangat paham dengan kekompakan dan solidaritas masyarakat Cikapol dalam hal kegiatan-kegiatan positif.

“Saya berharap bahwa program-program kegiatan dan pembangunan di kampung Cikapol bisa segera terwujud dan terlaksana sehingga bisa secepatnya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya.

Ketua penyelenggara kegiatan halal bihalal santunan jompo dan yatim piatu ini, Asep Hersan mengatakan, pembagian santunan ini dilaksanakan setelah selesai Ramadhan dengan harapan para anak yatim piatu dan jompo tersebut bisa disaksikan oleh masyarakat lainnya yang pada saat hari H lebaran belum bisa mudik.

“Karena diberlakukannya pembatasan mudik, sehingga apabila kegiatan ini dilaksanakan setelah hari raya diharapkan masyarakat dan donatur-donatur bisa ikut menyaksikan acara ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini lanjut Asep, adalah kegiatan yang pertama kali diselenggarakan dan diharapkan menjadi agenda rutin setiap tahun digelar oleh para pemuda, pengurus ke DKM an dan para tokoh kampung Cikapol.

Ia pun berterimakasih, lantaran kegiatan sukses terlaksana karena kekompakan dan solidaritas dari para pemuda serta para donatur yang ikut andil mensukseskan acara ini.

“Melalui kegiatan ini kami berharap tali silaturahmi para pemuda dengan tokoh masyarakat dan masyarakat akan semakin erat dan semoga hal positif ini bisa terus berlangsung ke depannya,” tandas pria yang akrab disapa Asher itu.

Adapun, sumber anggaran santunan ini berasal dari sumbangan, donatur dan dari penerima BPNT yang menyisihkan sebagian rizkinya bagi kaum yang membutuhkan. Wan.K

Related posts