Program MBKM dan Manfaatnya Untuk Penyuluh Tani

 88,675 total views

Salah Satu Contoh Program MBKM | dokpri

Referensi – Program MBKM adalah sebuah terobosan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. MBKM sendiri merupakan singkatan dari Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Uniknya, program MBKM ini dapat dikonversi hingga menjadi maksimal 20 sks. Meskipun ada banyak pro dan kontra terkait program ini, namun keuntungan dari program ini sudah bisa dirasakan oleh banyak kalangan, tidak hanya mahasiswa, tetapi masyarakat pun bisa menikmati keuntungan dari program ini, tak terkecuali penyuluh tani.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena baru baru ini Prodi Informatika dari Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jawa Timur baru saja menjajaki kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kabupaten Bojonegoro untuk program MBKM. Program MBKM ini dilaksanakan dengan sistem remote atau WFH yang artinya akan dikerjakan di rumah tapi tetap dengan profesional.

Bisa dikatakan program ini akan menghasilkan simbiosis mutualisme dimana kedua belah pihak akan mendapat keuntungan masing masing dari jalannya kerjasama program MBKM yang mereka jajaki. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja dan real project dari Dinas dan Dinas akan mendapatkan hasil dari real project yang mahasiswa kerjakan. Sehingga program ini sama sama menguntungkan kedua belah pihak.

 

Dalam program MBKM ini, Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kabupaten Bojonegoro memberikan real project berupa membuat sistem informasi untuk penyuluh tani. Sistem informasi ini memiliki banyak fitur yang berguna untuk membantu memudahkan penyuluh tani mengerjakan laporan harian mereka.

Contohnya seperti fitur absen online, mengirim laporan harian, pemberitahuan pembagian tugas, pemberitahuan nama desa untuk melakukan penyuluhan, hingga mengupload file bukti kegiatan, dan masih banyak lainnya. Disamping itu, terdapat juga fitur seperti log in sebagai admin untuk admin, fitur log in sebagai manajer untuk manajer, dan fitur log in sebagai pemimpin penilai yang bertugas untuk menilai kinerja dari penyuluh tani.

Berdasarkan fitur fitur tersebut, kemungkinan besar sistem ini nantinya akan sangat membantu dan berguna untuk Dinas dan para penyuluh tani. Inilah bukti program MBKM juga dapat memberikan manfaat untuk penyuluh tani. Dengan contoh diatas, dapat disimpulkan bahwa program MBKM ini memanglah sangat bermanfaat untuk banyak kalangan masyarakat, mulai dari kalangan atas hingga kalangan bawah, mulai dari mahasiswa, pekerja, hingga perusahaan, semua dapat merasakan manfaat dari program MBKM. Penulis: Adam Putra Bramantyo dari UPN Veteran Jawa Timur

Related posts