Penerima BOS Afirmasi di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 203 sekolah, sedangkan untuk BOS Kinerja ada 20 sekolah dengan dana keseluruhan diperkirakan sebesar 9 milyar lebih | Ist

Kab, Wartatasik.com – Ratusan SD dan SMP di kabupaten Tasikmalaya yang berada di daerah tertinggal akan mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi.

Tak hanya itu saja, bagi layanan kinerja yang baik lembaga pendidikan tersebut juga akan mendapatkan Bos Kinerja.

Hal tersebut dikatakan pengelola BOS Disdikbud Kab Tasikmalaya Hj Popon Jumat (25/10/2019).

Diterangkan Hj Popon, sekolah penerima bantuan BOS Afirmasi dan kinerja nantinya dapat membelanjakan barang kebutuhan sekolah.

Ya, seperti PC Desktop, notebook, router, hard disk external dan proyektor untuk menunjang pembelajaran siswa di era digital dan internet,” paparnya.

Pembelian barang tersebut lanjutnya, pihak sekolah menggunakan Sistem Informasi Sekolah (Siflah) tanpa ada pengkondisian oleh pihak lain.

“Jadi pihak sekolah belanja ke CV yang sudah ditunjuk dalam Siflah,” tuturnya.

Hingga kini untuk di daerah Kab Tasikmalaya belum bisa memesan atau belanja ke pihak ketiga, sebab masih menunggu informasi lebih lanjut dari Disdikbud kab Tasikmalaya.

“Terkait juklak juknis BOS Afirmasi dan Kinerja tertuang dalam Permendikbud no 31 tahun 2019,” terang Hj Popon.

Penerima BOS Afirmasi di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 203 sekolah, sedangkan untuk BOS Kinerja ada 20 sekolah dengan dana keseluruhan diperkirakan sebesar 9 milyar lebih.

“Diharapkan dengan adanya bos Afirmasi dan Kinerja ini siswa dapat menguasai Informasi dan ┬áTeknologi (IT) dan melek digital yang serba komputer,” pungkasnya. Redi/Sur