Foto: TB Hasanudin / kompas.com

Bandung, Wartatasik.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P Jawa Barat, TB Hasanudin yang juga sebagai calon gubernur dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018, Senin (08/01/2018) kemarin, mengunjungi kantor Paguyuban Pasundan di Jalan Sumatera, Kota Bandung. Kedatangannya diterima oleh ketua paguyuban tersebut Didi Turmudzi.

Dalam kesempatan itu, Didi mengungkapkan, sosok TB tidak asing bagi organisasinya. “Saya baru tahu kalau Pak TB Hasanudin ini mau maju sebagai calon gubernur Jawa Barat. Perkiraan saya beliau pasti siap. Ini menjadi perhatian Paguyuban Pasundan karena memang beliau adalah Dewan Pangaping Pengurus Besar Paguyuban Pasundan di Jakarta,” kata Ia.

Didi menambahkan, tidak hanya TB Hasanudin saja yang datang ke Paguyuban Pasundan untuk meminta restu, beberapa orang yang akan mencalonkan diri sebagai gubernur untuk Pilkada Jabar 2018 juga melakukan hal yang sama. Untuk itu, lanjut Didi, pihaknya mengambil sikap politik yang netral dan tidak akan berpihak kepada pasangan calon mana pun.

“Bagaimana pun juga organisasi ini adalah organisasi independen, bukan bagian dari parpol mana pun. Tapi kami punya sikap politik. Sikap kami netral. Masing-masing pengurus, anggota dan lainnya, punya hak dan saya sarankan untuk punya pilihan tepat sesuai kebutuhan Jawa Barat,” jelas Ia.

Di tempat yang sama, TB Hasanudin menyebut, kunjungannya itu tidak lain untuk meminta restu dari para sesepuh Paguyuban Pasundan, organisasi yang digelutinya sejak tahun 2000-an. “Kalau saya dapat izin Allah untuk nyagub Jabar, saya harus panggil ke sumber saya, saya datang berbaju ini (batik Paguyuban Pasundan) memohon do’a restu ke senior saya,” tegasnya.

Terkait sikap politik Paguyuban Pasundan yang netral, TB mengaku tidak mempermasalahkannya. “Secara struktural namanya Paguyuban Pasundan itu tegak lurus netral. Tapi urusan pribadi itu terserah, karena itu hak politik masing-masing individu,” tandasnya. Asron

BAGIKAN