Suguhkan Indahnya Panorama Alam, Curug Seda akan jadi Aset Tatar Galuh

30,930 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Pjs Kepala Desa Padamulya Haris S.Kep | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Tempat Wisata Curug Seda yang beralokasi di Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis adalah salah satu potensi yang kedepanya akan menjadi aset di tatar Galuh.

Pjs Kepala Desa Padamulya Haris S.Kep mengungkapkan, Pokdarwis sebagai motor penggerak yang didampingi oleh Karang Taruna Desa Padamulya sekaligus perintis awal wisata Curug Seda sampai saat ini banyak dikunjungi.

“Sekarang step by step kelompok Pokdarwis berada di Desa Padamulya semangat terus karena melihat sumber daya alam yang nilai jualnya sangat tinggi,” ungkapnya, Jumat (13/03/2020).

Diterangkan Haris, meski masih belum ditata maksimal tapi tetap itu merupakan suatu aset dan kedepanya akan menjadi pendapatan asli desa (PADes) yang kedepanya akan lebih besar dari situ.

Satu satunya harapan kepala desa terang Haris, kedepan penataan wisata Curug Seda lebih semakin maksimal dan diakuinya sebagai kepala desa itu masalah sarana prasarana kurang dan penataan juga belum maksimal.

“Ya, dikarenakan terbentur masalah pendanaan atau pembiayaan. Sumber daya alam yang ada sebenarnya itu nilainya cukup tinggi, karena itu elok, sejuk pemandanganya sangat indah ketika melihat ke arah curug ketika panorama melihat pemandangan,” paparnya.

Haris menyebut, saat ini pihaknya akan bermuayawarah dengan para lembaga BPD, LPM dan para tokoh masyarakat dan nantinya kalau disepakati untuk tahun 2021, akan diarahkan ke penataan sarana prasarana Curug Seda yang akan mengambil dari anggara Dana Desa (DD).

Hal tambah Haris, supaya pembangunan desa tidak tergantung kepada dana pemerintah, terus ketika penghasilan PADes ini sudah besar dari wisata Seda tersebut dan kalau sudah berjalan bisa membagun desa dari anggaran yang diserap.

“Maka dari itu untuk saat ini kita lahawalakuata ilabilahilazim akan di maksimalkan. Untuk tahun 2020 ini ada anggaran untuk infrastruktur sebesar Rp 200 juta yang akan direncanakan dari program DD. Mudah mudahan rencana kami ini lancar,” pungkasnya. Wan.K

Related posts