Terkait Bantuan Septic Tank, Dinas Perawaskim Gelar Sosialisasi Dana Hibah di Sukajaya

 7,900 total views

Sosialisasi Dana Hibah Bantuan Septic Tank di Aula Kelurahan Sukajaya Kec Bungursari Kota Tasikmalaya | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perawaskim) Kota Tasikmalaya gelar sosialisasi dana hibah berupa bantuan septic tank ke Kelurahan Sukajaya Kec Bungurasih selaku penerima manfaat.

Kepala seksi Sanitasi lingkungan dan pengelolaan air bersih Dinas Perawaskim Yayan Nurpatoni menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi dengan dinas kesehatan ada sebagian kecil yang belum disempurnakan di Sukajaya.

“Ya, berkaitan dengan penyempurnaan program Open Defecation Free (ODF) yang dilaksanakan di Sukajaya. Ada 50 KK penerima Septic Tank yang belum tersentuh program sebelumnya,” ungkap Yayan, Selasa (08/09/2020).

Program ini lanjut Yayan, kedepannya tetap diajukan lagi, tetapi kebijakan dari pusat, apakah itu masih diberi bantuan atau tidak, karena pertahunnya hanya satu pengajuan.

“Kami berharap bisa membantu beban Dinas Kesehatan, khususnya bahwa ODF yang ada di Tasikmalaya harus bisa terselesaikan di tahun 2021. Walupun hanya mambantu segi fisik dan hanya segelintir anggaran pusat melalui Dinas Perawaskim,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bantarsari H Tedi Septiaji menyebut, antara infrastruktur dan kesehatan harus bersinergi, apalagi tentang kebiasaan warga masyarakat. Ia pun bersyukur, warga Sukajaya antusias memakai septic tank bantuan dari Dinas Perawaskim.

“Setelah ini, kami berharap kepada masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan dan tetap berprilaku hidup bersih dan sehat,” tandasnya. Suslia.

Related posts