Terobosan Baru, Tedi: SIP3 Upaya Tingkatkan Produktifitas Pertanian Tepat Sasaran

7,725 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tedi Setiadi | Eqi

Kota, Wartatasik.com – Dinas Pertanian,  Perikanan dan Pangan (DPP) berencana akan melakukan SIP3 yaitu Study Inventaris Pertanian, Peternakan dan Perikanan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala DPP Kota Tasikmalaya H. Tedi Setiadi di ruang kerjanya, Selasa, (07/01/2020).

Dijelaskan Tedi, SIP3 sebagai salah satu terobosan baru dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian,  peternakan dan perikanan di Kota Tasikmalaya.

Lanjut Tedi, dengan adanya kajian SIP3 ini akan keluar rekomendasi bahwa yang paling cocok di Kota Tasikmalaya adalah varietas tertentu berdasarkan hasil kajian tersebut, baik di bidang pertanian,  peternakan ataupun perikanan.

“Kajian ini, sangat bermanfaat untuk jangka panjang,  jangan sampai semua pengajuan ke pusat atau bantuan dari pusat kurang tepat sasaran karena hasil produktifitasnya kecil atau tidak cocok dengan kondisi di Tasikmalaya,” ungkapnya.

Adapun terangnya, seandainya kalau sudah dilaksanakan kajian SIP3 dan keluar rekomendasinya, maka semua pengajuan dan bantuan dari pusat ataupun perencanaan dari daerah bisa tepat sasaran besar manfaatnya bagi para petani juga bisa menambah PAD Kota Tasikmalaya dari sektor pertanian,  peternakan dan perikanan.

“Dalam merealisasikan rencana kegiatan tersebut, tentunya akan melibatkan pihak ketiga seperti konsultan khusus, lembaga penelitian atau perguruan tinggi yang bisa mengakomodir rencana kegiatan SIP3 ini seperti UNSIL, UNPAD,  IPB ataupun perguruan tinggi lainnya,” pungkas Tedi. EQi

Related posts