Ubah Paradigma ‘Sampah’, Pemuda Kp Panembong Kulon Tumbuhkan Kesadaran Masyarakat

 253,980 total views

Ubah Paradigma ‘Sampah’, Pemuda Kp Panembong Kulon Tumbuhkan Kesadaran Masyarakat | Wan.K

Kabupaten, Wartatasik.com – Aktifitas para pemuda kampung Panembong Kulon Desa Manggungjaya Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya secara kontinyu manarik sampah di masyarakat berikut penyortiran sekaligus pembakaran.

Salah seorang bagian pengurus kepemudaan Hen Hen Rohendi mengatakan, aktifitasnya tersebut hampir 2 bulan ini berjalan terus giat dalam kebersihan lingkungan.

“Kami tarik sampah masyarakat dari tiap rumah, lalu disortir sekaligus dibakar. Dalam artian, penyortiran untuk memilah sampah organik, sampah daur ulang dan sampah yang harus dimusnahkan,” jelas Hen Hen, Sabtu (17/07/2021).

Adapun lanjutnya, sisa pembakaran sampah berupa debu bisa digunakan untuk pupuk kompos yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan pupuk warga, khususnya di kampung Panembong Kulon.

Hen Hen menyebut, kegiatan ini bertujuan untuk merubah paradigma bahwa sampah itu masalah, padahal kalau kreatif sampah itu merupakan potensi yang bisa memberikan manfaat.

“Ahamdullilah, dengan adanya gerakan seperti ini khususnya para pemuda di lingkungan kami, tumbuh dewasa dalam pikiran kesadaran terhadap lingkungan,” ujarnya.

Hen Hen mengaku, hasil sumbangan penarikan sampah dari tiap rumah dengan sukarela tanpa ada nominal, akan tetapi dapat menjadi nilai tambah untuk keuangan kas pemuda.

“Kami berharap, dengan kegiatan tersebut lingkungan menjadi bersih, sehat dan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menyikapi permasalahan sampah,” tandasnya. Wan.K.

Related posts